Pemerintah Aceh Serukan Bantu NTB

Pemerintah Aceh menyerukan seluruh elemen masyarakat daerah ini menggalang bantuan kemanusiaan

Pemerintah Aceh Serukan Bantu NTB
NOVA IRIANSYAH

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menyerukan seluruh elemen masyarakat daerah ini menggalang bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai bentuk solidaritas atas musibah gempa 7 SR yang terjadi Minggu (5/8) malam.

“Saya pikir secara universal kita hidup di bumi yang sama. Ketika kita musibah, kita dibantu orang, maka kita juga harus melakukan hal yang sama, gerakan solidaritas, membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat diwawancarai Serambi, Selasa (7/8).

Menurut Nova, menyusul gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok, NTB pada Minggu (5/8) malam, pihaknya langsung melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Data sementara yang diterima Plt Gubernur Aceh dari Kalak BPBA, hingga Selasa (7/8) sudah terkumpul bantuan sekitar Rp 300 juta dari berbagai sumber, termasuk dari instansi pemerintahan dan dunia usaha. “Penggalangan masih terus berjalan dan diharapkan nilainya terus bertambah. Pada saatnya nanti sudah maksimal akan segera kita serahkan ke pihak berwenang di Lombok,” ujar Nova Iriansyah.

Nova mengatakan, sebagai provinsi yang pernah dilanda musibah besar pada 2004 silam, sudah sepatutnya Pemerintah Aceh dan masyarakatnya juga menggalang dana untuk daerah lain yang dilanda bencana alam, sebagaimana aksi solidaritas yang pernah digalang untuk membantu Aceh pada 2004.

Sehari sebelumnya, ketika dihubungi Serambi, Plt Gubernur Aceh juga mengatakan pihaknya (melalui BPBA) terus berkoordinasi dengan semua elemen, seperti DPRA, UIN, Unsyiah, Bank Aceh, dunia usaha, dan instansi lainnya termasuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh agar terus mengumpulkan donasi untuk Lombok.

Biasanya, lanjut Nova, jika ada bencana alam seperti itu, banyak pihak di Aceh mengumpulkan bantuan secara sendiri-sendiri dan menyerahkan juga atas nama perusahaan, instansi, institusi, atau pihak lainnya. Namun kali ini, Pemerintah Aceh langsung berkoordinasi mengumpulkan bantuan dana sebagai bentuk keprihatinan Aceh kepada masyarakat Lombok yang didera musibah.

“Termasuk Unsyiah mungkin bukan dalam bentuk uang, mungkin nanti mereka mengirim dokter, ahli teknik. Kami lihat juga ada yang menyumbang atas nama pribadi bukan institusi, alhamdulillah,” ucap Nova Iriansyah.

Atas nama Pemerintah Aceh, Nova mengatakan, Aceh turut prihatin, sedih, dan ikut merasakan atas musibah yang melanda masyarakat Lombok. “Kita juga pernah merasakan musibah, kita ikut belangsungkawa atas musibah ini. Kepada masyarakat Lombok, mohon bersabar dan tawakkal,” pinta Nova.

Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek langsung merespons seruan atau instruksi Plt Gubernur Aceh dengan melakukan rapat koordinasi dalam rangka penggalangan dana bantuan kemanusian untuk korban gempa Lombok. Bantuan untuk korban gempa bumi Lombok, menurut Dadek juga dapat disalurkan melalui Bank BRI Nomor Rekening 2056-01-000905-55-4 atas nama Bantuan Donasi Gempa Lombok.

Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin juga menginformasikan bahwa pihaknya sudah menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Kalak BPBA dengan membuka ‘Posko Bersama Aceh Peduli Lombok’ memanfaatkan even PKA 7.

Menurut Nasir, ‘Posko Bersama Aceh Peduli Lombok’ dibuka di arena PKA Taman Ratu Safiatuddin sejak Selasa (7/8) dan satu titik lainnya akan dibuka di Lapangan Blangpadang yang merupakan arena Expo PKA 7. “Sebagaimana diarahkan Plt Gubernur Aceh, kami akan terus berkoordinasi dengan Kalak BPBA termasuk laporan dana yang terkumpul secara harian,” kata Nasir didampingi Koordinator Lapangan ‘Posko Bersama Aceh Peduli Lombok’ dari unsur Forum PRB Aceh, M Dedy Jumady.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved