Dana Wakaf Baitul Asyi Dibagikan

Nazir wakaf Baitul Asyi kembali mengucurkan dana wakaf untuk seluruh jamaah calon haji (JCH) asal Aceh

Dana Wakaf Baitul Asyi Dibagikan
Sekda Aceh, Dermawan (dua kanan) menyerahkan cinderamata kepada Nazir Wakaf Baitul Asyi, Dr Abdullatif Baltho 

MEKKAH - Nazir wakaf Baitul Asyi kembali mengucurkan dana wakaf untuk seluruh jamaah calon haji (JCH) asal Aceh. Pembagian dana wakaf yang sudah berlangsung lebih dari satu dekade itu dilaksanakan Rabu (8/8) di Al Kiswah Tower Hotel, tempat jamaah haji kloter 2 dan 3 dari Aceh menginap.

Wartawan Serambi di Arab Saudi, Zulkarnain Jalil, tadi malam melaporkan, penyerahan dana wakaf Baitul Asyi itu berlangsung lancar, dipusatkan di masing-masing pemondokan jamaah Aceh mulai Senin, 6 Agustus 2018 lalu.

Besaran uang wakaf yang diterima tiap jamaah adalah 1.200 riyal. “Total dana wakaf yang dikeluarkan tahun ini sebesar 20.286.000.000 rupiah,” ujar Jamaluddin Affan, Petugas Penghubung Pemerintah Aceh di Mekkah.

Dana wakaf tersebut, lapor Zulkarnain, langsung diserahkan oleh nazir wakaf Baitul Asyi, Dr Abdullatif Baltho.

Sementara itu, dari pihak Aceh diwakili oleh Drs Dermawan, MM selaku Sekda Aceh yang ditemani oleh tokoh ulama Aceh, seperti Drs H Muhammad Ismi alias Abu Madinah dan Waled Abdul Muthaleb.

Sementara itu, Syaikh Abdullatif Baltho mengimbau jamaah haji agar selama di Mekkah selalu mendekatkan diri dan memanfaatkan waktu emas ini untuk menyibukkan diri beribadah kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

“Jangan lewatkan satu detik pun tanpa beribadah kepada Allah. Saudara telah datang dari jauh dengan susah payah,” katanya.

Sementara itu, Sekda Aceh dalam sambutan meminta agar pihak Aceh dapat mengambil pelajaran dari cara Pemerintah Saudi dalam mengelola dana wakaf.

Di Aceh sangat banyak dana wakaf yang tersebar hingga ke desa-desa, “Namun, sebagian besar pengelolaannya masih konvensional.” kata Sekda Dermawan.

Menurutnya, pendistribusian dana wakaf ini akan berlangsung saban hari hingga Kloter 12 tiba, Kamis (16/8) mendatang.

Sementara itu, Jamaluddin Affan yang merupakan penghubung yang mengurusi dana wakaf Baitul Asyi untuk jamaah Aceh, mengatakan jumlah dana wakaf yang diberikan kepada masing-masing JCH Aceh sebesar 1.200 rial atau Rp 4,5 juta.

Pembagian dana wakaf untuk kloter 2 yang berasal dari Bireuen dan Langsa itu sudah diserahkan langsung oleh Nazir Wakaf, Dr Abdullatif Muhammad Baltho, di nomor hotel 1105, Jarwal. “Pada dasarnya kloter 2 dibagi pada pukul 08.30 pagi waktu setempat. Tapi karena Syekh Baltho dalam keadaan kurang sehat, maka kita tunda ke pukul 16.00 waktu setempat. Padahal, jamaah sudah berkumpul semua di mushala hotel,” katanya.

Ia tambahkan, pembagian dana Baitul Asyi kepada JCH kloter 3 juga bergeser waktunya.”Dengan kata lain, sudah dua kloter yang bergeser dari jadwal yang sudah disepakati. Semua itu dikarenakan Syekh Baltho dalam keadaan kurang sehat,” demikian Rusli, Humas Kakanwil Kemenag Aceh. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help