Tafakur

Penghuni Bertanggungjawab

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya

Penghuni Bertanggungjawab

Oleh: Jarjani Usman

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allâh sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS. al-A’raf: 56).

Setiap orang yang menghuni bumi ini diserukan untuk senantiasa bertanggungjawab terhadap perilakunya sendiri. Dipersilahkan untuk mengolah dan menggunakan bumi dan segala isinya secukupnya, tetapi jangan lupa merawatnya. Misalnya, setelah menggunakan isinya, jangan biarkan sampahnya mengotorinya.

Apalagi bumi ini bukan hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang hidup di masa sekarang, tetapi juga untuk mereka yang hidup pada masa-masa yang akan datang. Bila bumi rusak karena keserampangan ulah tangan manusia, sama artinya dengan merusak kehidupan jutaan dan bahkan milyaran manusia di masa-masa yang akan datang. Sungguh tak terhitung dosa yang harus ditanggung bila merusak kehidupan hamba-hamba yang tak bersalah.

Tentunya merusak alam tak sepatutnya dilakukan orang beriman. Orang beriman lebih kepada memperbaiki, apalagi terhadap alam atau bumi yang telah memberi tempat untuk menikmati kehidupan. Dan orang yang benar-benar beriman tidak akan melakukan perbuatan-perbuatan yang mendatangkan murka Allah. Apalagi Allah bukan hanya telah melarang merusak alam, tetapi juga berjanji akan mendatangkan azab.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help