Aceh Gagas Penerbangan Langsung ke Thailand

Aceh menginisiasi penerbangan langsung dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) menuju Krabi dan Phuket

Aceh Gagas Penerbangan Langsung ke Thailand
GETTY IMAGES
Pantai Phuket yang sudah mendunia merupakan kawasan wisata andalan Thailand. 

BANDA ACEH - Aceh menginisiasi penerbangan langsung dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) menuju Krabi dan Phuket, Thailand, dalam rangka memperkuat kerja sama subregional Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Malaysia Thailand (IMT-GT) dan menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Aceh.

Gagasan yang merupakan prakarsa Aceh tersebut dibahas dalam sebuah rapat di sela-sela Seminar Pembangunan Kota yang Berkelanjutan dan Pertemuan Dewan Wali Kota Kota Hijau IMT-GT Ke-3 yang berlangsung di Banda Aceh, Rabu (8/8).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Dr Aulia Sofyan mengatakan, Pemerintah Aceh mendorong inisiatif tersebut, mengingat sektor pariwisata adalah salah satu sektor unggulan yang mampu membuka lapangan pekerjaan dan menekan angka kemiskinan di Aceh.

Menurutnya, dalam upaya menumbuhkan industri pariwisata, Aceh memerlukan lebih banyak akses kepada calon wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Aceh. Salah satunya adalah dengan membuka jalur penerbangan internasional baru yang menghubungkan Aceh dengan lokasi-lokasi pusat pariwisata seperti Krabi dan Phuket di Thailand.

“Krabi dan Phuket merupakan dua daerah dengan jumlah wisatawan terbanyak di Thailand, masing-masing dengan jumlah 12 juta dan 7 juta pengunjung setiap tahun. Nah, dengan adanya direct flight dari Krabi atau Phuket ke Aceh sudah pasti banyak wisatawan yang berminat ke Aceh,” ujarnya.

Aulia Sofyan mengatakan, kedekatan geografis dan keindahan alam Aceh yang tidak kalah hebatnya dibanding dengan Phuket dan Krabi membuat ia yakin bahwa jalur penerbangan yang akan dirintis nanti mampu menarik perhatian para pengunjung untuk melanjutkan perjalanannya ke Aceh.

“Bayangkan jika kita mampu menyedot 1 persen saja dari pasar pariwisata yang ada di Thailand ke Aceh maka kunjungan wisatawan kita bisa meningkat sekitar 190.000 orang. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan maka akan lebih banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dan perputaran uang di Aceh pun semakin tinggi,” imbasnya.(dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help