Aceh Kirim Tim Relawan ke NTB

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melepas rombongan ‘Relawan Aceh untuk Nusa Tenggara Barat (NTB)’

Aceh Kirim Tim Relawan ke NTB
Warga mengangkat sepeda motornya dari reruntuhan rumah pascagempa di Desa Wadon, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8/2018). Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang Lombok, Minggu (5/8/2018) malam.(ANTARA FOTO/ AHMAD SUBAIDI) 

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melepas rombongan ‘Relawan Aceh untuk Nusa Tenggara Barat (NTB)’ dalam satu acara di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/8). Tim yang beranggotakan 15 relawan itu akan berangkat pada Jumat (10/8) pagi. Mereka melakukan misi kemanusiaan ke Kabupaten Lombok Utara yang merupakan kawasan paling parah terdampak gempa 7 SR pada Minggu, 5 Agustus 2018.

Penglepasan relawan Aceh untuk NTB dihadiri Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Kalak BPBA HT Ahmad Dadek, Kadis Sosial Alhudri, Kadis Kesehatan dr Hanif, Direktur RSUZA Dr dr Azharuddin SpOT, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh Nasir Nurdin, Kakan SAR Banda Aceh, dan sejumlah kalangan lain termasuk aktivis kebencanaan.

Koordinator Relawan Aceh untuk NTB, Dr dr Syafrizal mengatakan, tim berjumlah 15 orang tersebut terdiri atas utusan BPBA 2 orang, Dinsos Aceh 1 orang, Dinkes Aceh 1 orang, RSUDZA 6 orang, dan Unsyiah 5 orang. Mereka akan melakukan asesmen dalam bidang kesehatan, dampak bencana, kebutuhan korban termasuk pengungsi.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah sangat mengapresiasi SKPA dan institusi yang bekerja cepat untuk membentuk relawan, dan berkoordinasi antarinstitusi sehingga Aceh bisa cepat merespons kejadian gempa di NTB. Nova mengatakan, penderitaan yang dialami masyarakat NTB sudah pernah kita alami di Aceh, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu mereka.

“Saudara kita di Lombok tentu sangat memerlukan bantuan, kita terpanggil untuk membantu. Tim ini dibentuk demi kemanusiaan dan mudah-mudahan mendapat ridha Allah SWT,” ujar Nova. Menandai prosesi penglepasan tersebut, Plt Gubernur Aceh memakaikan atribut secara simbolis kepada perwakilan relawan.

Pada bagian lain, wacana pembangunan masjid dari sumbangan masyarakat Aceh untuk Lombok mengemuka dalam talkshow Cakrawala Radio Serambi FM, yang berjudul ‘Kita Harusnya Bangun Masjid Aceh di Lombok’, Kamis (9/8). Acara interaktif yang dipandu host Nico Firza itu menghadirkan Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani dan Sekretaris Redaksi Serambi Indonesia, Bukhari M Ali.

Saifullah menyambut baik ide pembangunan masjid Aceh di Lombok. Menurutnya, akan sangat bagus apabila pembangunan tersebut menjadi ‘icon’ partisipasi masyarakat Aceh terhadap musibah di Lombok. “Menyangkut pembangunan masjid dari Aceh untuk Lombok, saya kira ide brilian,” ujarnya. Namun kata dia, urgensi dari pembangunan masjid itu akan terjawab setelah tim relawan Aceh berada di sana. (rel/mun/una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved