PKA 7

Aceh Timur di Posisi Lima

Peserta dari kabupaten Aceh Timur berada di posisi lima dalam lomba prosesi adat boh gaca (pakai inai-red)

Aceh Timur di Posisi Lima

* Lomba Boh Gaca

BANDA ACEH - Peserta dari kabupaten Aceh Timur berada di posisi lima dalam lomba prosesi adat boh gaca (pakai inai-red) yang digelar dalam rangka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII Tahun 2018 di Banda Aceh.

Lomba boh gaca tersebut dipusatkan di Museum Rumoh Aceh di Banda Aceh, Rabu (8/8), diikuti 24 kabupaten/kota yang dibagi dalam empat gelombang. Dalam lomba tersebut, juara pertama diraih Banda Aceh, kedua dan ketiga diraih Aceh Selatan dan Singkil, urutan keempat, kelima dan keenam masing-masing diraih Bireuen, Aceh Timur, dan Aceh Barat. “Untuk katagori lomba boh gaca, Aceh Timur berada di posisi kelima,” ujar Kabag Isra Pemkab Aceh Timur, Mujiburrahman, Rabu (8/8) malam.

Diharapkan, peserta lomba lainnya terus mempersiapkan diri lebih maksimal agar meraih posisi lebih baik. “Masih banyak lomba dalam berbagai kategori yang diikuti, mudah-mudahan Aceh Timur bisa tampil maksimal untuk meraih hasil yang lebih baik,” ujar Mujiburrahman.

Ia menambahkan, even ini bukan hanya sebatas mengikuti lomba, tapi banyak pelajaran yang dapat dipetik dari berbagai perlombaan adat dan budaya yang diikuti peserta. “Paling tidak, kita sudah mengenal kembali adat dan tradisi budaya di Aceh, seperti adat boh gaca untuk pengantin wanita pada malam pesta pernikahan,” tandas Mujiburrahman.(c49)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved