PKA 7

Alquran dari Kerajaan Linge Dipamerkan di Anjungan Gayo Lues

Alquran kuno berasal dari masa Kerajaan Linge dipamerkan di Anjungan Kabupaten Gayo Lues di Taman Sultanah

Alquran dari Kerajaan Linge Dipamerkan di Anjungan Gayo Lues
Alquran kuno yang dipamerkan di Anjungan Gayo Lues 

BANDA ACEH - Alquran kuno berasal dari masa Kerajaan Linge dipamerkan di Anjungan Kabupaten Gayo Lues di Taman Sultanah Safiatuddin. Menurut keterangan yang diperoleh dari ahli waris, putra dari Aburerah atau dikenal dengan Erah Linge, Alquran tersebut dibawa oleh ulama dari masa Kerajaan Romawi pada 1821 Masehi ke Negeri Linge.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, SSos menjelaskan, kitab suci Alquran tersebut ditemukan dari reruntuhan Umah Pitu Ruang Linge yang terbakar habis. “Kecuali satu kayu yang tidak ikut terbakar, dan ternyata di balik kayu tersebut terdapat Alquran,” kata Syafruddin.

Disebutkan Alquran tersebut masih terawatt dengan baik sampai sekarang. Ia mempersilakan masyarakat menyaksikan Alquran kuno itu di Anjungan Gayo Lues. “Salah satu yang mendapat perhatian publik adalah keberadaan Alquran tersebut,” kata Syafruddin.

Gayo Lues juga memamerkan sejumlah benda- budaya dan hasil kerajinan, termasuk syal, baju motif kerrawang Gayo. Syafruddin mengatakan Pangdam Iskandar Muda ikut mengunjungi stan Gayo Lues dan tertarik dengan syal motif kerrawang Gayo. “Pak Pangdam memborong 10 syal,” kata Syafruddin.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help