Aminullah Ketua Dewan Wali Kota

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didapuk sebagai Ketua Green Cities Mayor Council Indonesia

Aminullah Ketua Dewan Wali Kota
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat menjelaskan program green city di Banda Aceh kepada para wali kota/wakil wali kota peserta 1St Green Cities Mayor Council Meeting IMT-GT, di Hermes Palace Hotel, Kamis (9/8). 

* Kota Hijau IMT-GT

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didapuk sebagai Ketua Green Cities Mayor Council Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) periode 2018-2019. Penetapan Aminullah sebagai ketua dilakukan pada 1st Green Cities Mayor Council Meeting yang berlangsung di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Kamis (9/8).

Forum yang dihadiri sejumlah wali kota dari ketiga negara, secara bulat mendukung penetapan Aminullah sebagai ketua dewan wali kota untuk kota hijau tersebut.

Para stake-holder yang hadir dari antara lain Wali Kota Pekan Baru, Jambi, perwakilan pemerintahan Melaka-Malaysia, perwakilan Kelantan-Malaysia, Wakil Wali Kota Hachai-Thailand, dan Wakil Wali Kota Satun-Thailand, serta perwakilan dari Songkhla City-Thailand.

“Alhamdulillah, setelah Banda Aceh dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan IMT-GT, kini kita diberi amanah sebagai ketua dewan wali kota untuk kota hijau yang pertama untuk satu tahun ke depan,” kata Aminullah.

Menurutnya, amanah tersebut merupakan bukti bahwa Banda Aceh diperhitungkan dalam program pembangunan berkelanjutan di tingkat internasional. “Mudah-mudahan ini juga akan mempercepat perwujudan Banda Aceh sebagai salah satu kota hijau di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Pertemuan IMT-GT di Banda Aceh sendiri terdiri dari tiga agenda utama yakni Sustainable Urban Development Workshop pada hari pertama Rabu (8/8), dan 1St Green Cities Mayor Council Meeting dan 3Rd IMT-GT Green Council Meeting pada hari keduanya.

Setelah pertemuan dewan wali kota hijau, pada siang hingga sore harinya di tempat yang sama dilanjutkan dengan 3Rd IMT-GT Green Council Meeting untuk pembahasan kerangka kerja sama di level provinsi.

Rangkaian pertemuan IMT-GT di Banda Aceh ditutup Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Aulia Sofyan. Sebelum beranjak kembali ke negara masing-masing, para kepala daerah yang tergabung dalam IMT-GT juga menyempatkan diri untuk menanam sejumlah pohon khas Aceh seperti Seulanga dan Jeumpa di Hutan Kota Tibang.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved