Tafakur

Beriman Sehari

Tidak akan pernah berzina seorang pezina kalau dia dalam keadaan beriman. Tidak akan pernah mencuri seorang pencuri

Beriman Sehari

Oleh: Jarjani Usman

“Tidak akan pernah berzina seorang pezina kalau dia dalam keadaan beriman. Tidak akan pernah mencuri seorang pencuri kalau dia dalam keadaan beriman. Tidak akan minum khamar pula seorang peminum khamar jika dia dalam keadaan beriman” (HR Bukhari).

Walaupun berpuluh tahun mengklaim diri beriman dan bertakwa, tak sedikit orang yang sebenarnya tidak demikian. Jangankan beriman dan bertakwa seumur hidup, satu hari saja belum tentu sepenuhnya demikian bagi sebahagian orang.

Bila benar-benar memelihara iman dan takwanya sehari saja, seseorang akan berusaha untuk menjaga diri dari mulai tidur hingga ke tidur lagi. Misalnya, begitu terbangun di pagi, langsung bersyukur kepada Allah karena telah diberikan kemampuan tidur sehingga menjadi segar kembali untuk bekerja, belajar, dan beribadah. Selanjutnya akan beribadah dan pergi bekerja di jalan yang halal. Juga menjaga waktu shalat dengan baik. Juga menjaga perkataan.

Namun ada orang yang malam harinya beriman, pada pagi harinya melakukan berbagai macam dosa. Di antaranya ghibah, bermalas-malasan tak bekerja, menghabiskan waktu untuk hal-hal tak bermanfaat, berburuk sangka, mengabaikan shalat, dan lain-lain. Bahkan ada yang menyebarkan berita palsu. Sebahagian yang lain memiliki binatang peliharaan, tetapi memakan tanaman orang lain atau mengganggu orang lain. Ada juga yang menjual agama untuk kepentingan politiknya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help