PKA 7

Gutel, Makanan Saat Berburu

Masyarakat Gayo memiliki makanan khas saat berburu ke hutan. Namanya “gutel.” Tahan beberapa hari dan mudah dibawa

Gutel, Makanan Saat Berburu
MAKANAN khas Gayo, namanya gutel, tahan lama dan mudah dibawa 

BANDA ACEH - Masyarakat Gayo memiliki makanan khas saat berburu ke hutan. Namanya “gutel.” Tahan beberapa hari dan mudah dibawa kemana-mana.

Terbuat dari tepung beras, kelapa, gula dan air. Aduk seluruh bahan-bahan tersebut lalu dibentuk lonjong sebesar telur ayam. Jadilah gutel. Balut dengan daun pandan.

Dulu, setiap orang Gayo yang hendak berpergian, sering dibekali dengan makanan “gutel” ini. Masa itu keadaan transportasi masih sulit. Perjalanan adakalanya ditempuh berhari-hari melintasi hutan belantara. Begitu juga pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Para pejuang-pejuang Gayo melengkapi diri dengan makanan ini.

“Mudah dibawa dan gutel tahan lama,” kata Marni, penjaga anjungan Kabupaten Gayo Lues.

Bagi masyarakat Gayo, gutel juga tradisi jika hendak berburu di alam liar. Gutel menjadi panganan yang disiapkan keluarga atau warga sebelum memasuki hutan untuk berburu.

Marni menyebutkan, yang membuat Gutel ini menarik adalah karena pembuatannya yang dikemul (digumpalkan dengan genggaman). Sehingga isinya padat.”Tingkat kelezatan Gutel ini juga terletak pada tingkat kecintaan si pembuatnya,” sebut Marni.

Panganan Gutel ini mulai dilirik kembali. Sejumlah kedai mulai menjualnya sebagai makanan menemani minuman kopi.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved