PKA 7

Sabang Juara Suson Ranup

Kontingen Sabang meraih juara pertama lomba ‘suson ranup’ (menyusun sirih) Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7

Sabang Juara Suson Ranup
PENGUNJUNG melihat sirih yang sudah disusun oleh peserta lomba di arena PKA Ke-7, Museum Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/ 

BANDA ACEH - Kontingen Sabang meraih juara pertama lomba ‘suson ranup’ (menyusun sirih) Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 yang berlangsung, Kamis (9/8) di Museum Aceh, Banda Aceh.

Juara dua lomba itu diraih Aceh Jaya, juara tiga Simeulue, harapan satu oleh Banda Aceh, harapan dua Bireuen, dan harapan tiga oleh Aceh Barat Daya (Abdya). Para peserta lomba tersebut merupakan kaum perempuan yang mewakili 17 kabupaten/kota se- Aceh.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disbudpar) Aceh, Amiruddin kepada Serambi mengatakan, sirih (ranup) menjadi bagian penting dalam prosesi acara adat di dalam kehidupan masyarakat Aceh. “Lomba ini dimaksudkan melestarikan seni dan budaya merangkai sirih, agar dapat terus dilanjutkan hingga generasi selanjutnya,” kata Amiruddin.

Menurutnya, seni merangkai sirih masih berlaku di semua daerah di Aceh. Setiap daerah membawa sirih untuk prosesi acara adat yang sudah dibentuk dengan menggunakan seni tersendiri.

Dalam lomba itu, perwakilan daerah diminta menunjukkan keunikan masing-masing dalam merangkai sirih, termasuk memperkenalkan ikon daerah dengan bentuk susunan sirihnya.

Amiruddin berharap, lomba itu dapat mengajarkan generasi selanjutnya tentang cara menyusun sirih. Sehingga budaya menyusun sirih itu terus bertahan hingga nanti. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help