Warga Dua Desa Demo Kantor Bupati

Sekitar 100 warga dari dua desa di Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat yakni Desa Palimbungan dan Desa Pasi Meugat

Warga Dua Desa Demo Kantor Bupati
Sekitar 100 orang lebih warga dari dua desa meliputi Desa Palimbungan dan Pasi Meugat, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, melancarkan aksi ke kantor bupati, Kamis (9/8). Aksi tersebut menolak Pj keuchik dan meminta keuchik yang dicopot bupati untuk dikembalikan ke jabatan semula. 

* Tolak Pj Keuchik dan Protes Pemecatan

MEULABOH - Sekitar 100 warga dari dua desa di Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat yakni Desa Palimbungan dan Desa Pasi Meugat, Kamis (9/8) berunjuk rasa ke kantor bupati setempat.

Aksi warga untuk menolak terkait pelantikan pejabat sementara (Pjs) keuchik serta meminta dua keuchik lama yang sudah dipecat oleh bupati untuk dikembalikan pada jabatannya seperti semula.

Massa melancarkan dengan menumpang sejumlah mobil bak terbuka. Di kantor bupati massa diterima sekitar pukul 14.00 WIB oleh Asisten III Setdakab Edi Juanda didampingi Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan serta Kepala Inspektorat.

Sedangkan bupati dan wakil bupati sedang berada di luar daerah. Aksi massa ke kantor bupati dengan membawakan sejumlah tulisan penolakan terhadap Pjs keuchik serta meminta keuchik yang lama untuk dikembalikan.

Selain itu mereka meneriakkan yel-yel kekecewaan terhadap Pemkab Aceh Barat yang dinilai sewenang-wenang dalam memecat keuchik serta menggantikan dengan pejabat lain.

“Kami meminta Pjs keuchik dibatalkan dan kembalikan jabatan kepada keuchik lama, apalagi jabatan keuchik lama tinggal 8 bulan lagi,” kata Koordinator Aksi Mukhtar.

Dikatakannya kedatangan warga ke kantor bupati karena sudah beberapa kali ke kantor camat tetapi tidak disikapi serius. Apalagi pergantian keuchik dari pejabat lama kepada Pjs dinilai melanggar aturan yang berlaku di Aceh serta mengabaikan fungsi Tuha Peut.

Pemkab justru menunjuk pejabat tertentu menjadi Pjs keuchik di desa itu. “Dampak digantinya keuchik kini di desa menjadi ribut,” kata Mukhtar. Hingga pukul 16.00 WIB kemarin massa dari dua desa di Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat masih bertahan di kantor bupati.

Seperti diketahui, dua keuchik yang dipecat oleh bupati yakni Keuchik Palimbungan, Zainuddin dan Keuchik Pasie Meugat, Nyak Ali.

Sedangkan Pjs keuchik yang dikeluarkan SK (surat keputusan) oleh bupati yakni Pjs Keuchik Palimbungan, Amran dan Pjs Keuchik Pasi Meugat, Zamzami. Asisten III Setdakab Aceh Barat, Edi Juanda saat bertemu dengan perwakilan warga dalam aksi di kantor bupati mengatakan persoalan ini akan disampaikan kepada bupati.

“Apa yang menjadi aspirasi warga akan disampaikan. Karena saat ini bupati sedang dinas di luar daerah,” kata Edi.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved