Warga Kemukiman Kuta Baroh di Jabodetabek Sumbang Dana Bangun Masjid Madinah

Musibah besar yang dialami warga Kuta Baroh akibat gempa tersebut adalah runtuhnya Masjid Madinah.

Warga Kemukiman Kuta Baroh di Jabodetabek Sumbang Dana Bangun Masjid Madinah
SERAMBINEWS.COM/ABDULLAH GANI
Proses penyerahan sumbangan warga Kemukiman Kuta Baroh di Jabodetabek diserahkan Tgk Rusdi Muhammad, dan diterima Ketua Panitia Pembangunan, Tgk M Hasan Yusuf yang juga Keuchik Gampong Dayah Kruet, seusai shalat Jumat (10/8/2018). 

Laporan Abdullah Gani | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEREUDU - Masyarakat Kemukiman Kuta Baroh, Kecamatan Meurahdua, Pidie Jaya yang kini bermukim di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (se-Jabodetabek) juga ikut peduli terhadap kondisi kampung halamannya yang hancur akibat musibah gempa bumi yang terjadi akhir Desember 2016.

Musibah besar yang dialami warga Kuta Baroh akibat gempa tersebut adalah runtuhnya Masjid Madinah yang berada di Gampong Dayah Kruet.  

Baca: Rumah Korban Gempa Pidie Jaya Mulai Dibangun, Rusak Berat Rp 85 Juta, Rusak Sedang Rp 20 Juta

Sebagai bentuk kepedulian mereka yang bernaung dalam wadah masyarakat Kuta Baroh Peduli Masjid (KBPM) se-Jabotabek, lalu mereka menggalang  dana yang akhirnya terkumpul sekitar Rp 382 juta.

Dana tersebut, seusai shalat Jumat (10/8/2018) diserahkan Tgk Rusdi Muhammad,  mewakili  warga Kuta baroh di Jakarta dan diterima Ketua Panitia Pembangunan, Tgk M Hasan Yusuf yang juga Keuchik Gampong Dayah Kruet.

Penyerahan bantuan ikut disaksikan Bupati/Wabup Pijay, H Aiyub Abbas/H Said Mulyadi, Kadis PU, Bahrom Bakti, Kabag Humas Setdakab, Mahmudi serta sejumlah pemuka agama dan tokoh masyarakat Kuta Baroh.

Baca: Warga 5 Gampong di Kuta Baroh Pijay Bangun Kembali Masjid Madinah yang Hancur Total Akibat Gempa

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masjid yang hanya baru beberapa tahun difungsikan (karena masjid bersejarah yang dibangun tahun 1923) tak mampu lagi menampung jamaah Jumat itu roboh akibat gempa bumi yang melanda Pijay tanggal 7 Desember 2016.

Pascaruntuhnya masjid baru, kini masyarakat dalam kemesjidan Kuta Baroh terpaksa memungsikan kembali Masjid Madinah peninggalam masa lalu.

Kini masyarakat kembali membangun masjid baru di lokasi masjid yang runtuh.

Peletakan batu pertama dilakukan tanggal 23 Maret 2018 oleh Tgk H usman Ali (Abu Kuta Krueng) bersama Khatib Masjid Madinah, Tgk Anwar Ahmad atau Abi Blang Cut.

Masjid yang akan dibangun ini ditaksir akan menghabiskan dana Rp 6 miliar. Saat ini hanya baru pengecoran pondasi atau tapak bangunan. (*)

Penulis: Abdullah Gani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help