13.195 Jiwa tak Punya KTP-El

Dalam kesempatan itu, Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady juga menyampaikan dari total 149.339 jiwa yang terdaftar

13.195 Jiwa tak Punya KTP-El
Tribunnews.com
Ilustrasi 

Dalam kesempatan itu, Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady juga menyampaikan dari total 149.339 jiwa yang terdaftar dalam DPSHP, sebanyak 13.195 jiwa ternyata tidak atau belum bisa dipastikan memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Namun, kata Indra, sebagian besar dari jumlah itu sudah terdata namanya di dinas dan hanya tinggal melakukan perekaman. Sementara sebagian lagi sama sekali tidak ada data di dinas.

“Terhadap 13.195 ini sesuai dengan petunjuk PKPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pemutakhiran Pemilih, kita serahkan kepada Disdukcapil untuk diverifikasi,” katanya.

Indra menyatakan, hasil verifikasi terdapat empat katagori pemilih yaitu, 1) pemilih yang sudah memiliki KTP El, 2) pemilih yang belum memiliki KTP El tapi datanya sudah ada di Disdukcapil, 3) pemilih yang sudah pindah domisili, dan 4) pemilih yang memang tidak terdata di dinas.

“Mungkin inilah orang-orang yang ada namanya tapi tidak kita jumpai. Mungkin pernah sempat tinggal di Banda Aceh, tapi sekarang kita tidak tahu lagi keberadaannya atau orang itu sudah ada data di tempat lain sehingga data di Banda Aceh sudah dihilangkan oleh Disukcapil,” katanya.

Menurutnya, kebanyakan pemilih yang tidak terdata itu pendatang dan menetap sementara di Banda Aceh. “Kebanyakan mereka orang sewa rumah dan anak kos,” sebut Indra.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help