Empat JCH Aceh Dirawat

Empat Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kelompok terbang (kloter) 5 menjalani perawatan di Rumah Sakit Annur, Mekkah

Empat JCH Aceh Dirawat
Zulkarnain Jalil

* Suhu di Mekkah 45 Derajat Celcius

BANDA ACEH - Empat Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh kelompok terbang (kloter) 5 menjalani perawatan di Rumah Sakit Annur, Mekkah, karena mengalami kecelakaan, di Terminal Ajyad Makkah, Jumat (10/8), pukul 10.30 WAS. Kecelakaan tersebut terjadi antara Bus Shalawat dengan satu unit mobil sedan (taksi) yang ditumpangi oleh keempat jamaah tersebut.

Informasi ini disampaikan Kasubbag Protokol, Humas, dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh, Rusli kepada Serambi, Jumat (10/8). “Sampai saat ini keempat jamaah itu masih ditangani tim medis Rumah Sakit An-nur,” kata Rusli saat ditanya kondisi keempat jamaah.

Ia sebutkan, keempat JCH tersebut semuanya warga Banda Aceh, masing-masing Fardinalsyah Djafar Nyakda (49) beralamat di Jalan Pocut Baren, Kuta Alam. Kedua, Ismid Muhammad Sudin (57) beralamat di Jalan Prada Utama, Gampong Peurada, Syiah Kuala. Ketiga, Sukmayeti Junaidi Idris (51), alamat Jalan Prada Utama, Gampong Peurada, Syiah Kuala. Keempat, Nurmala Usman Badai (59), alamat Jalan Cempaka Kompleks Perum Guru Mibo, Banda Raya.

Rusli juga menceritakan kronologis kejadian Bus Shalawat rute 11 nomor 269 itu. Menjelang masuk Terminal Ajyad tiba-tiba mesinnya mati dan langsung menabrak mobil sedan yang ditumpangi oleh empat jamaah tersebut. Selanjutnya, tim gerak cepat Arab Saudi langsung menangani kejadian itu.

“Yang menjadi korban dalam taksi tersebut adalah jamaah calon haji kloter 5 embarkasi Aceh,” demikian Rusli.

Suhu 45 derajat
Sementara itu, suhu di Kota Mekkah, Arab Saudi, dalam beberapa hari terakhir cukup panas. Pada Jumat (10/8) kemarin, misalnya, suhu yang mencapai 45 derajat Celcius mengakibat jamaah haji termasuk dari Aceh kehausan. Sehingga, sambil menunggu pelaksanaan shalat Jumat di Masjidil Haram kemarin beberapa jamaah berinisiatif membagikan air zamzam kepada jamaah lainnya.

Wartawan Serambi, Zulkarnain Jalil, dari Mekkah, siang kemarin, melaporkan, sesuai informasi dari dr Hasri Anwar (Tim Gerak Cepat Sektor 11 Mekkah), sampai Jumat (10/8) jamaah haji yang berada di Mekkah sudah mencapai 85 persen. “Sehingga Masjidil Haram mulai crowded dan penuh, apalagi pada hari Jumat seperti hari ini (kemarin -red),” lapor Zulkarnain via pesan WhatsApp (WA).

Pun demikian, menurutnya, secara umum kondisi jamaah masih stabil dan sehat. Untuk mengantisipasi cuaca panas yang diperkirakan terus meningkat hingga menjelang hari Arafah, lanjut Zulkarnain, Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengingatkan jamaah untuk selalu membawa dan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat ke luar dari penginapan atau masjid.

“Alat pelindung diri menghadapi panas yang sebelumnya sudah dibagikan oleh pihak kementerian kepada jamaah antara lain payung, masker, botol semprot wajah, balsem kulit, dan kacamata hitam. Alat-alat itu dibagikan secara gratis kepada semua jamaah,” rinci Zulkarnain.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved