PKA 7

Kerangka Manusia Purba di Anjungan Aceh Tengah

Tiga kerangka manusia purba berusia 7000 tahun dan 7500 tahun dapat dilihat di Anjungan Aceh Tengah

Kerangka Manusia Purba di Anjungan Aceh Tengah
SERAMBI/FIKAR W EDA
Kerangka manusia purba dipamerkan di Anjungan Aceh Tengah.SERAMBI/FIKAR W EDA 

BANDA ACEH -- Tiga kerangka manusia purba berusia 7000 tahun dan 7500 tahun dapat dilihat di Anjungan Aceh Tengah, Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Kerangka-kerangka manusia purba itu merupakan hasil penggalian Balai Arkeologi Medan di Gua Ujung Karang dan Loyang Mendale Aceh Tengah. Hasil tes DNA menyebutkan kerangka-kerangka manusia purba itu memiliki kesamaan dengan suku Gayo yang mendiami Aceh Tengah.

“Sehingga kerangka tersebut disebut nenek moyang orang Gayo,” kata Nilafiani, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tengah.

Baca: Shahibul Qurban Dilarang Potong Kuku dan Rambut, Ini Hikmahnya

Pengunjung yang datang ke anjungan Aceh Tengah banyak mencurahkan perhatian kepada kerangka-kerangka manusia purba tersebut. Semuanya dijelaskan dengan baik oleh penjaga stan.

Di tempat itu juga terdapat pelaminan adat Gayo dan benda-benda pertanian, kendi, gerantung kalung kerbau, serta aksara Gayo.

Gayo merupakan suku tertua yang nendiami Aceh. Suku yang menyebar di Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Timur dan Tamiang ini memiliki aksara sendiri yang disebut “rasi Gayo.”

Nilafiani mempersilakan pengunjung belajar menulis aksara Gayo dan mendapatkan informasi lebih detil tentang kebudayaan Gayo. “Petugas kami aan menjelaskan semuanya denga senang hati,” demikian Nilafiani.(fik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help