POM Tangkap Truk Pengangkut Minyak Mentah

Personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) IM/1 Lhokseumawe menangkap dua unit truk yang mengangkut puluhan drum

POM Tangkap Truk Pengangkut Minyak Mentah
SERAMBI/SAIFUL BAHRI
DANDENPOM IM/1 Lhokseumawe, Letkol CPM Suharto mengamati dua unit truk bermuatan minyak mentah yang diamankan di kawasan Simpang Elak Lhokseumawe, Kamis (9/8) malam. Foto direkam di Mako Denpom IM/1 Jumat (10/8).SERAMBI/SAIFUL BAHRI 

* 94 Drum Disita

LHOKSEUMAWE – Personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) IM/1 Lhokseumawe menangkap dua unit truk yang mengangkut puluhan drum berisikan minyak mentah di kawasan Simpang Elak Lhokseumawe, Kamis (9/8) malam. Denpom ikut mengamankan dua sopir beserta dua orang kernet. Kedua truk bermuatan minyak mentah beserta sopir dan kernetnya itu kemudian diserahkan ke Polres Lhokseumawe untuk proses hukum lebih lanjut.

Komandan Denpom (Dandenpom) IM/1 Lhokseumawe, Letkol CPM Suharto kepada Serambi, kemarin, mengatakan, penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat bahwa akan melintas dua unit truk pembawa minyak mentah yang berasal dari Kabupaten Bireuen. Kedua truk itu diduga hendak membawa minyak mentah tersebut ke Sumatera Utara (Sumut).

Setelah mendapat info itu, ulas Letkol Suharto, personelnya pun langsung bergerak ke lokasi. Pada Kamis (9/8) sekitar pukul 21.30 WIB, melintas truk Mitsubishi Colt BL 8701 AG yang dikemudikan Sy (27), dengan kernetnya Mu (27), keduanya asal Kecamatan Juli, Bireuen. Personel POM pun menghentikan truk tersebut, lalu memeriksa isinya sehingga diketahui truk itu sedang membawa 48 drum berisikan minyak mentah, di mana satu drum diperkirakan berisikan sekitar 200 liter minyak.

“Personel kita sempat meminta surat atau dokumen pengangkutan minyak mentah itu. Namun, sopirnya tidak mampu menunjukkan dokumen yang sah, sehingga truk langsung diamankan,” ujar Letkol CPM Suharto.

Tak berselang lama kemudian atau sekira pukul 22.15 WIB, personel Denpom kembali menghentikan truk Mitsubishi Colt BL 8595 LF yang disopiri Mi (31), dengan kernet Sa (18), keduanya merupakan warga Kecamatan Jeumpa, Bireuen. Saat diperiksa muatan truk tersebut, diketahui berisikan 46 drum minyak mentah. Saat dimintai dokumen pengangkutan, lagi-lagi sopir truk tidak bisa menunjukkannya. Sehingga, truk beserta para sopir dan kernetnya pun langsung diamankan ke Madenpom Lhokseumawe.

Koordinasi dengan Polres
Lebih lanjut, Komandan Denpom (Dandenpom) IM/1 Lhokseumawe, Letkol CPM Suharto menegaskan, setelah personelnya berhasil mengamankan dua unit truk berisikan puluhan drum minyak mentah beserta para sopir dan kernetnya, pihak mereka langsung melakukan koordinasi dengan Polres Lhokseumawe.

“Setelah penangkapan ini, kita berkoordinasi dengan pihak Polres Lhokseumawe. Maka untuk proses hukum lanjutan, kedua truk berisikan puluhan drum minyak mentah beserta sopir dan kernetnya, kita serahkan ke pihak Polres Lhokseumawe,” demikian Letkol CPM Suharto.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved