PKA 7

Besok, Ensiklopedia Kebudayaan Aceh Diluncurkan Plt Gubernur Nova Iriasnyah

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah direncanakan akan meluncurkan Ensiklopedia Kebudayaan Aceh, pada Senin (13/8) besok.

Besok, Ensiklopedia Kebudayaan Aceh Diluncurkan Plt Gubernur Nova Iriasnyah
Istimewa
Ensiklopedia Kebudayaan Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah direncanakan akan meluncurkan Ensiklopedia Kebudayaan Aceh, pada Senin (13/8) besok.

Acara peluncuran tersebut berlangsung di Anjongan Mon Mata Komplek Pendopo Gubernur Aceh, dengan menghadirkan para undangan dari unsur akademisi, praktisi dan pemerhati seni-budaya Aceh, para pejabat SKPA, dan undangan dari berbagai unsur lainnya. Acara ini terbuka untuk umum.

Penyusunan Ensiklopedia Kebudayaan Aceh adalah program strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang dilaksanakan dalam dua tahap kegiatan.

Tahapan pertama berupa penyusunan pada tahun anggaran 2017. Tahapan kedua berupa penerbitan pada tahun anggaran 2018.

Baca: Lama Tak Ada Kabar, Penampilan Mantan Personel Girlband Princess Ini Berubah, Mantap Berhijab

Baca: 45 Orang Korban Kebakaran di Aceh Tenggara Mengungsi ke Rumah Famili dan Yayasan

Ptl. Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Amiruddin, menjelaskan kegiatan penyusunan Ensiklopedia Kebudayaan Aceh ini merupakan komitmen turunan dari program Aceh Meuadab.

“Alhamdullilah kita telah merealisasikan salah satu program unggulan Aceh Hebat Pemerintah Aceh, yaitu Aceh Meuadab. Launchingnya pun dapat kita pada momentum yang sangat tepat, pada penyelenggaran Pekan Kebudayaan Aceh ke-7 ini. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi melahirkan karya besar ini”, kata Amiruddin kepada wartawan, Minggu (12/8), di Banda Aceh.

Sementara itu inisiator program Bulman Satar, mengungkapkan program penyusunan Ensiklopedia Kebudayan Aceh ini dirancang untuk menjawab kebutuhan akan lahirnya sebuah sumber informasi yang komprehensif tentang masyarakat dan kebudayaan Aceh dalam satu bentuk ensiklopedia.

"Aceh adalah daerah dengan koleksi literatur sejarah dan kebudayaan, bahkan termasuk yang terkaya di Indonesia. Jadi sudah sangat patut kita melahirkan sebuah ensiklopedia yang dapat mewartakan khasanah kebudayaan Aceh yang sangat kaya. Mudah-mudahan kelahiran Ensiklopedia Kebudayaan Aceh ini dapat menjadi sumbangsih kita dalam opprangka memelihara, melestarikan, dan mempromosikan kebudayaan Aceh dimasa-masa yang akan datang”, kata Bulman Satar.

Ensiklopedia Kebudayaan Aceh ditulis oleh akademisi dan aktivis kebudayaan di Aceh. Mereka antara lain Prof Dr Eka Sri Mulyani, Prof Dr Misri Muchsin, Dr Husaini Ibrahim, Dr Harun Alrasyid, Dr Aslam Nur, Dr Lembong Misbah, Dr Nurdin AR, Jauhari Samalanga, Herman RN, Hasan Basri M Nur, dan lain-lain.(*)

Baca: 56 Pria dan 15 Wanita Diamankan Saat Polisi Gerebek Tempat Prostitusi Berkedok Kafe Es Krim

Baca: LIVE STREAMING Timnas Indonesia Vs China Taipei di Laga Perdana Asian Games 2018 di SCTV

Baca: Pakai Contact Lens Saat Mandi, Wanita Ini Kehilangan Penglihatannya

 

Penulis: faisal
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help