Hari Ini, Ada Lomba Baca Manuskrip Kuno di Museum Aceh, Ayo Jadi Pesertanya

Lomba baca naskah kuno dengan tulisan arab melayu (jawi) itu akan menyasar kalangan pelajar SMP, pelajar SMA, mahasiswa, hingga santri.

Hari Ini, Ada Lomba Baca Manuskrip Kuno di Museum Aceh, Ayo Jadi Pesertanya
hermankhan.com
Manuskrip kuno karya ulama Aceh 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Rumah Manuskrip Aceh akan menyelenggarakan lomba membaca naskah kuno yang akan berlangsung, Minggu (12/8/2018) di Arena Aceh Histroy Expo, Museum Aceh, Banda Aceh.

Lomba baca naskah kuno dengan tulisan arab melayu (jawi) itu akan menyasar kalangan pelajar SMP, pelajar SMA, mahasiswa, hingga santri.

Panitia akan menyediakan berbagai hadiah bagi para pemenang lomba tersebut. Lomba itu merupakan kerjasama Rumoh Manuskrip Aceh dengan Bank Aceh Cabang Banda Aceh.

Baca: Jak Kaloen Manuskrip

Direktur Rumoh Manuskrip Aceh, Tarmizi A Hamid yang akrab disapa Cek Midi kepada Serambinews.com mengatakan, lomba itu menyasar pelajar, mahasiswa, dan santri.

“Besok lomba itu akan dimulai pukul 10.00 WIB pagi, peserta bisa datang langsung ke stan Rumoh Manuskrip Aceh di Museum Aceh,” ujarnya.

Cek Midi mengatakan, lomba itu mendorong generasi saat supaya mencintai dan memiliki kemampuan membaca naskah kuno Aceh.

Baca: Kerudung Perempuan dalam Manuskrip Aceh

Karena manuskrip kuno itu merupakan peninggalan leluhur Aceh. Sehingga sebagai bentuk pendidikan, anak muda generasi saat ini juga harus mampu membaca manuskrip tersebut.

Ia merincikan, untuk tingkat mahasiswa akan membacakan naskah syair dari Hamsyah Fansyuri, untuk tingkat SMA akan membacakan masailal muhtadi, sedangkan tingkat SMP akan membaca naskah bidayah.

Semua naskah itu ditulis dalam bahasa melayu jawi.

Pemimpin Bank Aceh Cabang Banda Aceh, Imamil Fadhil mengatakan, lomba baca naskah kuno itu untuk melestarikan kemampun para generasi muda dalam membaca naskah peninggalan leluhurnya.

Ia mengatakan, Bank Aceh peduli terhadap kemampuan anak muda membaca naskah kuno, sehingga lomba itu untuk memotivasi mereka. (*) 

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help