PKA 7

Labu Diolah Jadi Aneka Kuliner  

Arena Pameran Kuliner di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh menjadi salah satu lokasi menarik dikunjungi

Labu Diolah Jadi Aneka Kuliner   
Peserta dari kontingen Nagan Raya mempersiapkan makanan tradisional yang dilombakan dalam Eksebisi Hidangan Khas Khanduri Kematian di arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Taman Sri Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Selasa (7/8/2018). SERAMBI/M ANSHAR

BANDA ACEH - Arena Pameran Kuliner di Taman Sultanah Safiatuddin Banda Aceh menjadi salah satu lokasi menarik dikunjungi selama Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, karena ada lomba olahan makanan dari produk lokal. Pada Sabtu (11/8) kemarin , panitia dari Dinas Pangan Aceh menggelar lomba mengolah labu menjadi berbagai menu kuliner.

Kepala Dinas Pangan Aceh, Dr Ilyas melalui Ketua Panitai M Fadhil kepada Serambi kemarin mengatakan, lomba itu diikuti oleh 18 kabupaten/kota dari seluruh Aceh. Para peserta mengolah labu menjadi berbagai menu kuliner, mulai kue hingga makanan ringan.

Beberapa makanan yang diolah dari labu berupa lepat, cake, brownis, bubur, lemang, hingga sate. Menurut makanan olahan labu itu memiliki cita rasa yang enak, sehingga kedepan dapat dipertahankan menjadi menu utama dalam berbagai kegiatan.

M Fadhil menambahkan, lomba itu untuk mengangkat potensi produk pertanian lokal. Selama ini berbagai daerah di Aceh banyak memproduksi labu, namun hanya dikonsumsi sebagai sayur. Sehingga melalui lomba tersebut ingin dikembangkan supaya manfaat labu menjadi lebih banyak.

“Dengan banyaknyta potensi labu di daerah, maka kita angkat supaya diolah menjadi makanan yang disukai. Kalau bisa kedepan makanan olahan labu ini menjadi ciri khas daerah, misalnya dijadikan sebagai oleh-oleh daerah itu,” ujar M Fadhil.

Menurutnya, makanan dengan bahan labu itu juga memiliki tampilan yang menarik, sehingga sangat layak makanan itu dijualbelikan secara luas. Dengan diangkatnya makanan olahan labu, diharapkan kedepan nilai produksi pangan lokal akan semakin terangkat.

Para pemenang lomba olahan makanan labu itu akan diumumkan saat penutupan PKA-7 nanti. Sehari sebelumnya Dinas Pangan Aceh juga menggelar lomba olahan makanan berbahan dasar sagu. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved