Pilpres 2019

Pemeriksaan Kesehatan Jokowi Lebih Cepat Ketimbang Ma’ruf Amin, Ini Alasannya

kowi mengatakan faktor yang menyebabkan pemeriksaannya bisa lebih cepat yakni karena faktor pengalaman

Pemeriksaan Kesehatan Jokowi Lebih Cepat Ketimbang Ma’ruf Amin, Ini Alasannya
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Bakal calon presiden dan Bakal calon wakil presiden, Joko Widodo dan Maruf Amin bersiap menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Selain pasangan Jokowi-Maruf Amin, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Senin 13 Agustus. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan satu diantara syarat wajib yang diberlakukan KPU bagi capres dan cawapres untuk mengikuti Pilpres mendatang. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pasangan bakal capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin menjalani pemeriksaan kesehatan selama 12 jam di RSPAD Gatot Soebroto.

Ke luar dari RSPAD menjelang malam, keduanya tampak menebar senyum saat memberikan pernyataan kepada media yang sudah menunggu sejak pagi hari.

"Insya Allah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat, beliau (Ma'ruf Amin) masih segar bugar, saya juga masih segar bugar," ujar Jokowi, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Jokowi mengungkapkan, waktu pemeriksaannya lebih cepat ketimbang Ma'ruf Amin.

Hal itu, kata dia, lantaran pemeriksaan awal dilakukan terlebih dahulu kepada dirinya.

Setelah itu, baru dilanjutkan dengan pemeriksaan Ma'ruf Amin.

(Baca: Tim Pemeriksa Kesehatan Bukan Penentu Kelolosan Bakal Capres dan Cawapres, Siapa yang Tentukan?)

(Baca: Jokowi Sebut Jusuf Kalla Bersedia Jadi Ketua Tim Pemenangan, Timses Akan Akomodasi Unsur Ulama)

Selain itu, Jokowi juga mengatakan, faktor yang menyebabkan pemeriksaannya bisa lebih cepat yakni karena faktor pengalaman.

Ia menuturkan, sudah lima kali melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sementara Ma'ruf Amin baru pertama kali.

"Saya sudah lima kali pemeriksaan kesehatan seperti ini, saat wali kota dua kali, gubernur satu kali, dan jadi capres dua kali," kita dia.

"Tanpa perlu di briefing lagi dokter, sudah hafal. Selanjutnya, kami akan masuk ke tahapan yang telah ditentukan oleh KPU," tambah dia.

Sementara itu, Ma'ruf Amin mengaku tak lelah dengan tahapan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter RSPAD sejak pagi hari.

"Enggak ada yang melelahkan," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, Jokowi-Ma'ruf Amin menjalani tes kesehatan sejak pukul 08.00 WIB. Keduanya lantas keluar dari RSPAD sekitar pukul 20.30 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Jam Jalani Tes Kesehatan, Jokowi-Ma'ruf Amin Merasa Segar Bugar"

Editor: Zaenal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help