PKA 7

“Presiden Rex” Baca Puisi di PKA

Penyair Aceh, bergelar “Presiden Rex”, Hasbi Burman, tampil baca puisi di Panggung Apresiasi PKA 7

“Presiden Rex” Baca Puisi di PKA
Hasbi Burman

BANDA ACEH - Penyair Aceh, bergelar “Presiden Rex”, Hasbi Burman, tampil baca puisi di Panggung Apresiasi PKA 7, di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh, Selasa (14/8) malam, pukul 20.00 WIB.

Sang Presiden Rex membacakan beberapa puisi terbaru yang ditulisnya pada tarikh 2017 dan 2018. Salah satu puisi yang dibacakan berjudul “Daun-Daun Jatuh di Tanah Pusaka.” Puisi tersebut diciptakan pada Januari 2018.

Penyair produktif dan masih terus menulis dalam usia 73 tahun ini merasa bangga diundang baca puisi di Panggung Apresiasi PKA. “Itu merupakan salah satu bentuk ruang kreativitas bagi penyair. Bagaimana pun puisi harus terus dibacakan. Aceh merupakan daerah dengan tradisi puisi yang sangat kuat,” kata Hasbi Burman saat ditemui di salah satu warung kopi depan Taman Seni Budaya Aceh. (TSBA) Jalan Teuku Umar Banda Aceh.

Hasbi Burman digelari sebagai “Presiden Rex” karena dialah satu-satunya penyair yang lama bertuga sebagai penjaga parkir di kawasan kuliner Rex Peunayong Banda Aceh. Koran berpengaruh Indonesia, KOMPAS, kemudian menurunkan profil Hasbi Burman dalam rubrik tokoh yang ditulis Bre Redana.

Penyair ini juga seorang pengamat social dan budaya yang sangat kritis. Pandangan-pandangannya tentang sebuah perosalan dirtuangkan dalam bentuk puisi. “Daun-Daun Gugur di Tanah Pusaka” merupakan refleksinya terhadap peristiwa sosial yang baru saja mengguncangkan Aceh.

“Tapi tentu penyair berbicara dengan simbol-simbol. Inilah yang membedakan penyair dengan penulis biasa,” katanya sambil tertawa. Ia juga aktif membina bakat generasi muda dalam bidang pusi. Beberapa wkatu lalu, Hasbi Burman diminta mengamati penyair dan pembaca puisi asal Aceh Jaya. “Kita mendorong generasi muda mencintai puisi terus menerus,” kata Hasbi Burman.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved