PKA 7

Banda Aceh Tempo Dulu dalam Gambar

elama berlangsungnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, Anjungan Banda Aceh di Taman Ratu Safiatuddin

Banda Aceh Tempo Dulu dalam Gambar
SERAMBI/ANSARI HASYIM
Taman Sari (Taman Ghairah) tempo dulu tampak lebih luas dengan jalan semen berliku. Taman ini menjadi tempat bermain putri Sultan (atas). Sekarang wajah Taman Sari atau disebut Taman Bustanussalatin sudah berubah total dengan wajah yang lebih modern (atas)

BANDA ACEH - Selama berlangsungnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, Anjungan Banda Aceh di Taman Ratu Safiatuddin menghadirkan Banda Aceh tempo dulu dalam gambar. Pajangan foto itu untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh, Rizha Idris , Senin (13/8) mengatakan, Kota Banda Aceh yang sudah berusia 813 tahun memiliki sejarah panjang. Sehingga jika masyarakat ingin mengetahui perkembangan Banda Aceh dari masa ke masa, dapat melihat di Anjungan Banda Aceh dalam bentuk foto.

“Lewat foto yang kita tampilkan, pengunjung bisa melihat Masjid Baiturrahman tempo dulu saat pertama dibangun. Foto Taman Putroe Phang untuk mengingatkan masa kejayaan Sultan Iskandar Muda dan foto-foto lainnya,” ungkap Rizha Idris.

Dalam foto-foto tersebut, pengunjung juga bisa melihat kondisi Krueng Aceh yang pernah menjadi jalur perdagangan internasional tempo dulu. Sungai yang membelah Kota Banda Aceh ini pernah menjadi jalur sibuk keluar masuknya kapal-kapal pedagang dari luar negeri, seperti pedagang Turki dan negara-negara lainnya di dunia.

“Banda Aceh pernah mengalami puncak kejayaannya, itu bisa dillihat dari foto-foto yang kita tampilkan. Melalui foto-foto ini, kami mengajak pengunjung lebih mengenal sejarah Banda Aceh dan Aceh secara umum,” ujar Rizha Idris.

Karenanya, Rizha Idris mengajak masyarakat Aceh mengunjungi Anjungan Banda Aceh untuk melihat foto-foto tempo dulu yang ditampilkan untuk lebih mengenal sejarah dan peradaban ibu kota Provinsi Aceh ini sebelum ditutup pada 15 Agustus nanti.

Kadispar juga mengingatkan pengunjung untuk ikut mengisi dan menjawab kuis yang tersedia di anjungan. Hadiah berupa kulkas, TV, sepeda, dan hadiah menarik lainnya akan diundi dan diserahkan pada malam penutupan PKA 7. Ayo ke Anjungan Banda Aceh.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved