PKA 7

Busana Etnik Memanjakan Mata di Anjong Mon Mata

Ragam keunikan busana etnik di Aceh diperlihatkan dalam ajang ‘Lomba Peragaan Busana Adat’ di Anjong Mon Mata

Busana Etnik Memanjakan Mata di Anjong Mon Mata

BANDA ACEH -- Ragam keunikan busana etnik di Aceh diperlihatkan dalam ajang ‘Lomba Peragaan Busana Adat’ di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Minggu (12/8) malam. Diperagakan secara apik oleh kontestan pasangan terbaik dari daerah asal. Sangat memanjakan mata.

Berlatar dekorasi putih dengan sentuhan bebunga yang menyembul membingkai sekeliling panggung, sepasang demi sepasang kontestan busana adat perwakilan masing-masing kabupaten/ kota melangkah anggun dalam busana daerah yang diusungnya. Temaram cahaya yang dipancarkan lampu-lampu membuat busana daerah memantulkan kemewahan busana etnik Aceh, yang dominan hadir dalam warna menyala.

Diiringi suara musik sebagai pembuka, selama 3 menit, setiap pasang kontestan memaparkan makna dari setiap detil busana yang melekat. Tak ketinggalan mempromosikan budaya dan keindahan alam dari daerah asal. Lima juri dengan kritis melempar pertanyaan kepada para kontestan, disambut gempita tepuk tangan hadirin sebagai pendukung.

Pesisir barat dan timur Aceh, dara baro-nya dominan dalam balutan warna merah, kuning, dan hijau. Sementara linto baro hadir dalam balutan warna hitam. Selain pakaian dan aksesoris, warna yang melekat padanya juga mempunyai makna tersendiri.

Beralih ke dataran tinggi Aceh, daerah tiga bersaudara, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues mencuri perhatian pengunjung lewat busana daerah yang dibawakannya. Walau tak dapat dipungkiri, kecerdasan kontestan saat presentasi dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan dewan juri juga tak luput dari penilaian. Smart is new beauty.

Diiringi lagu ‘kutidhieng’ milik Liza Aulia, parade kontestan dari 23 kabupaten/ kota kembali mengundang tepuk tangan pengunjung. Sebelum akhirnya MC mempersilahkan dewan juri meninggalkan sementara lokasi untuk berdiskusi, diiringi suara Nurul Munira yang menghentak panggung. Dilanjutkan Clover Band yang kembali menyemarakkan malam di Anjong Mon Mata.

Puncak acara pun tiba, ketika akhirnya MC mengumumkan para pemenang. Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, dan Plt Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Amiruddin naik ke atas pentas memberikan hadiah.(nurul hayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help