PKA 7

Aminullah Ajak Masyarakat Lestarikan Krueng Aceh

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengajak warga kota untuk menjaga kebersihan Krueng Aceh

Aminullah Ajak Masyarakat Lestarikan Krueng Aceh
PULUHAN perahu hias mengikuti Festival Krueng Aceh yang digelar dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh, Peunayong, Banda Aceh, Senin (13/8). Kegiatan yang diikuti sejumlah kabupaten/kota di Aceh, instansi pemerintah, dan Kodam Iskandar Muda ini juga dalam rangka menyambut HUT Ke -73 Republik Indonesia. 

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengajak warga kota untuk menjaga kebersihan Krueng Aceh yang mempunyai peranan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Hal itu disampaikan Wali Kota saat membuka Festival Krueng Aceh, Senin (13/8). Festival ini merupakan salah satu rangkaian Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7.

Menurutnya, pada zaman kegemilangan Kesultanan Aceh, Krueng Aceh merupakan jalur bebas hambatan untuk masuknya kapal-kapal perdagangan dari mancanegara. Keberadaan Krueng Aceh kala itu memiliki nilai yang sangat strategis dalam menumbuh-kembangkan Kutaraja (sebutan Banda Aceh tempo dulu) sebagai ibu kota Kesultanan Aceh.

“Dengan menjaga kondisi Krueng Aceh tetap lestari, kita harapkan akan mampu mencegah menguapnya identitas sejarah kota ini dalam perjalanan modernisasi,” ujar Wali Kota.

Ditambahkan, even yang diinisiasi Disbudpar Aceh dan Kodam Iskandar Muda ini menjadi hiburan yang sangat menarik bagi masyarakat serta wisatawan yang hadir ke Banda Aceh selama berlangsungnya PKA.

“Kami berharap festival ini dapat menjadi agenda tahunan, sehingga makin menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke Banda Aceh yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Wali Kota.

Sementara pada Selasa (14/8), beragam acara juga digelar di bantaran Krueng Aceh. Di antaranya, panggung seni dan budaya, lomba masak Aceh, lomba mewarnai, lomba foto warna-warni Krueng Aceh, bersih-bersih Krueng Aceh, dan sajian seribu cangkir kopi gratis bagi pengunjung.(rel/mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help