Berkas Akun Timphan Aceh ke Jaksa

Penyidik Polda Aceh melimpahkan berkas akun Facebook Timphan Aceh bersama tersangka yang tak lain

Berkas Akun Timphan Aceh ke Jaksa
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Aceh, Dikha Savana SH dan Rizki Aprida SH memintai keterangan kepada tersangka kasus akun Timphan Aceh, MJ di kantor Kejari Banda Aceh, Senin (13/8). SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Penyidik Polda Aceh melimpahkan berkas akun Facebook Timphan Aceh bersama tersangka yang tak lain pemilik akun tersebut, MJ ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Aceh, Senin (13/8). Pelimpahan itu berlangsung di Kejari Banda Aceh setelah semua berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21.

Tim JPU Kejati Aceh, Dikha Savana SH, menyampaikan dalam perkara itu tersangka disangkakan melanggar Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Pasal 310 ayat (2) atau Pasal 311 ayat (2) KUHP.

“Ancaman pidananya maksimal empat tahun. Tersangkanya tidak di tahan,” kata Dikha didampingi anggota JPU Rizki Aprida SH dan Ricky Febriandi SH yang juga Kasi Pidum Kejari Banda Aceh serta disaksikan Kasi Intel Kejari Banda Aceh Himawan SH seusai penerimaan berkas dan tersangka.

Sebelumnya diberitakan, istri Gubernur Aceh yang juga Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh, Darwati A Gani melalui kuasa hukumnya, Sayuti Abu Bakar SH MH melaporkan akun Facebook Timphan Aceh ke Polda Aceh dengan nomor laporan BL/53/IV/YAN.2.5/2018/SPKT pada Senin, 2 April 2018.

Dasar laporan itu karena pemilik akun Timphan Aceh dianggap sudah mencemarkan nama baik Darwati A Gani lantaran memposting status yang mengait-ngaitkan dengan seorang pria berinisial Andre, germo prostitusi online yang ditangkap oleh Polresta Banda Aceh pada 21 Maret lalu. Kini, Andre sudah divonis tiga tahun penjara.

Menurut Dikha, tersangka MJ membuat status yang mencemarkan nama Darwati untuk meluapkan ekspresi hatinya. Dalam statusnya, tersangka menuduh Darwati dan Andre memiliki hubungan. Sementara Darwati sudah buat surat pengaduan ke penyidik bahwa dirinya tidak ada hubungan dengan si Andre.

“Di situ juga tersangka telah memberikan tuduhan terhadap Ibu Darwati. Melalui status itu tersangka hanya mengekspresikan isi hatinya setelah membaca berita-berita yang ada selama ini. Dia (tersangka) mengatakan tidak senang dengan kondisi syariat Islam yang belum maksimal,” kata Dikha.

Lebih lanjut Dikha menyampaikan bahwa setelah pihaknya menerima semua berkas perkara dan tersangka dari penyidik Polda Aceh, selanjutnya jaksa akan melimpahkan ke Pengadilan Negeri Banda Aceh untuk disidangkan. “Insyaallah secepatnya kita akan limpahkan,” pungkasnya. (mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved