PKA 7

Aceh Selatan Juara Umum PKA 7

Even empat tahunan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang berlangsung di Banda Aceh sejak 5 Agustus 2018

Aceh Selatan Juara Umum PKA 7
MENTERI Agraria, Sofyan Djalil, didampingi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan piala juara umum kepada Plt Bupati Aceh Selatan, DedyYuswadi pada malam penutupan PKA Ke-7 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Rabu (15/8). 

BANDA ACEH - Even empat tahunan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang berlangsung di Banda Aceh sejak 5 Agustus 2018 berakhir dan ditutup secara resmi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil di Taman Sulthanah Safiatuddin, tadi malam. Kontingen Aceh Selatan ditetapkan sebagai juara umum sekaligus juara anjungan terbaik.

Penetapan juara PKA VII dibacakan Ketua Dewan Juri, Prof Dr H Nazaruddin Awe MA saat acara penutupan, tadi malam. Menurut dewan juri, tampilnya Aceh Selatan sebagai juara umum setelah membukukan poin 1.870. Sedangkan urutan berikutnya masing-masing Aceh Besar juara II dengan poin 1.820, Banda Aceh juara III poin 1.740, juara harapan I Bireuen (1.520), harapan II Aceh Tengah (1.510), dan harapan III Aceh Barat (1.100).

Informasi yang diterima Serambi, selain sebagai juara umum, Aceh Selatan juga ditetapkan sebagai stan terbaik PKA VI. Dalam Gebyar Seni, ‘negeri pala’ tersebut meraih juara harapan III untuk seni seudati, juara harapan III musik garapan, juara harapan II meurukon, dan juara harapan I zikir maulid.

Sedangkan untuk Lomba Pergelaran Adat, Aceh Selatan mendapat juara harapan II adat perkawinan dan juara II boh gaca. Untuk Festival Kuliner Aceh, Aceh Selatan meraih juara harapan I lomba cipta menu B2SA Dinas Pangan Aceh, juara I lomba serba ikan kategori hidangan keluarga Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT dalam sambutannya mengatakan, ajang PKA merupakan wahana untuk melestarikan budaya Aceh yang sangat beragam. “Melalui semangat berkebudayaan, kita bangun kebersamaan guna menyongsong terwujudnya Aceh Hebat dengan adat budaya yang bersyariat,” ujar Nova mengutip tagline PKA VII.

Nova mengatakan, setelah mengikuti PKA selama 10 hari terakhir, semua dapat merasakan betapa semangat berkebudayaan terlihat semarak di Aceh. Semangat itu, kata Nova hendaknya terus dirawat agar gairah mengembangkan kearifan lokal tetap terjaga. “Untuk itu saya mendorong agar kegiatan seperti ini hendaknya juga dilaksanakan di wilayah lain di Aceh. Sehingga ruang eksistensi budaya kita semakin terbuka,” tandasnya.

Melalui kegiatan itu pula, tambah Nova, kita akan dapat memperkenalkan budaya Aceh kepada orang luar, sehingga daya tarik Aceh kepada investor dan wisatawan semakin meningkat. “Mohon pula dimaklumi kalau pelaksanaan PKA ini juga masih ada kekurangan di sana-sini. Semua kritikan, termasuk di media sosial, harus menjadi bahan masukan bagi panitia penyelenggara dalam melakukan evaluasi bersama untuk perbaikan ke depan,” harapnya.

Letusan beude trieng
Penutupan even budaya terbesar di Aceh itu dilakukan Menteri ART RI yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil ditandai dengan menyalakan beude trieng (meriam bambu) di dekat panggung utama PKA. Kehadiran Sofyan Djalil di arena PKA VII disambut seurunee kale.

Sofyan terlihat gagah mengenakan pakaian adat dan topi bermotif Aceh. Duduk di deretan terdepan, Sofyan didampingi Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Pangdam IM Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs Supriyanto Tarah MM, dan ursur Forkopimda lainnya.

Amatan Serambi, penutupan even PKA VII berlangsung sangat meriah. Meskipun gerimis turun saat acara hendak dimulai, tak menyurutkan semangat masyarakat Aceh menyaksikan perhelatan akbar pada malam terakhir itu.

Di panggung utama PKA VII, pertunjukan kesenian dari Institut Seni Budaya (ISBI) Aceh dan garapan musik sound of Aceh menghipnotis ribuan pengunjung. Pemutaran video flashback PKA VII dengan suara yang menggelegar dan tampilan seni atraktif turut mendulang tepuk tangan yang begitu bergemuruh, mengakhiri seluruh rangkaian ‘pesta’ yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved