KIP Aceh Jaya Diadukan ke DKPP

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat dan Aceh Jaya, Hamdani, berencana mengadukan KIP Aceh Jaya

KIP Aceh Jaya Diadukan ke DKPP
SERAMBINEWS.COM/SAADUL BAHRI
KIP Aceh Jaya 

CALANG - Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat dan Aceh Jaya, Hamdani, berencana mengadukan KIP Aceh Jaya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Pengaduan itu didasarkan pada dugaan adanya anggota KIP yang berasal dari salah satu pengurus partai politik (parpol). Dugaan itu dikuatkan dengan adanya beberapa bukti awal yang sudah dikantongi YARA.

“Bukti-bukti sudah kita dapatkan, sekarang kita fokus dulu menyiapkan dan melengkapi bukti-bukti lainnya yang dianggap perlu,” kata Hamdani, Rabu (15/8).

Pelaporan ke DKPP rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. “Saya rasa lebih cepat lebih baik,” imbuhnya.

KIP dikatakan Hamdani, merupakan lembaga penyelenggara Pemilu yang wajib bersikap independen da bersih dari unsur KKN, serta tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun. Manakala terjadi kecurangan dalam proses perekrutan, maka itu merupakan tindakan kriminal, yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya kriminalisasi terhadap demokrasi.

“Maka kita dengan tegas menyatakan persoalan dugaan ini harus ditindaklanjuti agar tidak timbul fitnah dan persoalan hukum di kemudian hari. Kepada pihak kepolisian kita juga meminta untuk membantu mempelajari, menyidik dan menyelidiki dugaan ini. Kuat dugaan ada kecurangan dalam proses perekrutan penyelenggara negara, dan jika itu benar, maka kasus ini adalah bagian daripada kriminal khusus kategori nepotisme,” jelasnya.

Hamdani berharap para komisoner KIP Aceh Jaya yang dilantik, dapat bekerja sesuai amanah demokrasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak intervensi oleh pihak manapun.

“Selamat kepada komisioner yang dilantik, kita berharap amanah dan segera dapat terus bekerja sesuai proses dan tahapan Pileg 2019. Sedangkan persoalan dugaan ini adalah bagian yang terpisah yang juga harus diluruskan,” demikian Hamdani.(c52)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved