Menpora Sebut Aksi Bocah yang Nekat Panjat Tiang Bendera Heroik, Diundang Tonton Asian Games

Aksi Yohanes pun mengundang perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Ia menyebut, aksi Joni itu adalah heroik.

Menpora Sebut Aksi Bocah yang Nekat Panjat Tiang Bendera Heroik, Diundang Tonton Asian Games
Facebook Ika Silalah
Anak panjat tiang bendera 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Video yang memperlihatkan aksi Yohanes Ande Kala Marcal (13) atau Joni Belu, seorang anak asal Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur memanjat tiang bendera, viral di media sosial.

Yohanes nekat memanjat tiang bendera untuk memperbaiki pengait tali yang macet di tengah pelaksanaan upacara bendera memperingati hari proklamasi kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Atambua, Belu, NTT, Jumat (17/8/2018).

Aksi Yohanes pun mengundang perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Ia menyebut, aksi Joni itu adalah heroik.

"Kalau ada yang bertanya siapa pahlawan hari ini? Saya katakan adalah Joni Belu. Aksi dia tentu perjuangan yang sangat heroik," ujar Imam saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat sore.

"Joni telah menyelamatkan kita semua, menyelamatkan bendera Merah Putih. Dia tidak takut pada siapa pun, pada apa pun, dia hanya ingin menyelamatkan Merah Putih saja," kata dia.

Baca: Korban Tewas Terjangan Banjir di India Bertambah Jadi 324 Orang

Imam menilai, meskipun masih anak-anak, namun sosok Yohanes layak dijadikan idola.

Khususnya di tengah potensi tergerusnya nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme di Indonesia saat ini.

Tanpa disadari, lanjut Imam, aksi Yohanes telah memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia dalam hal menjaga simbol negara.

"Kalau dilihat, dia tidak ada rasa takutnya memanjat, pokoknya bendera Merah Putih harus diselamatkan dan harus berkibar. Kita ingat, itu di daerah perbatasan. Dialah sesungguhnya figur idola kita," ujar Imam.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berencana mengundang pelajar SMP yang memanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-73 RI di Atambua, Yohanes Ande Kala Marcal (13) atau Joni, ke Jakarta.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved