Banda Aceh Miliki Layanan PSC

Banda Aceh kini memiliki layanan baru untuk menangani kasus gawat darurat bernama Public Safety Center (PSC) 119

Banda Aceh Miliki  Layanan PSC
ist
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Banda Aceh membuka dan melakukan pelayanan kesehatan tapping kepada peserta yang hadir di arena Car Free Day (CFD), Minggu (5/8/2018). 

BANDA ACEH - Banda Aceh kini memiliki layanan baru untuk menangani kasus gawat darurat bernama Public Safety Center (PSC) 119. Bagi warga yang mengalami kasus medis di lapangan dan butuh penanganan segera seperti melahirkan, sakit jantung, atau kecelakaan lalu lintas, dapat menghubungi PSC di nomor 08116780119. Launching PSC 119 dilakukan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman di Kantor Dinas Kesehatan Banda Aceh, Kamis (16/8).

Launching PSC ditandai dengan simulasi di halaman Kantor Dinkes, Jalan Singgah Mata, Gampong Sukaramai. Seorang ibu hamil yang baru saja menerima bantuan paket persalinan di kantor tersebut, tiba-tiba ambruk di atas panggung. Sekejap, seorang pria menghubungi layanan PSC di nomor 08116780119. Dalam hitungan menit, ambulans PSC datang dan membawa ibu hamil itu ke rumah sakit.

Aminullah dalam sambutannya mengapresiasi Dinkes Banda Aceh yang berinisiatif menggelar peluncuran PSC saat penyerahan bantuan paket persalinan bagi ibu hamil. “Ini merupakan layanan integrasi National Command Center (NCC) yang berada di kementerian kesehatan dan PSC yang berada di kabupaten/kota,” ujarnya.

Untuk mendukung layanan itu, Pemko Banda Aceh menyediakan lima ambulans PSC dan didukung tenaga medis dari puskesmas. Terkait bantuan paket persalinan, Pemko memberi perlengkapan ibu melahirkan guna meringankan beban keluarga. “Ini juga salah satu program yang kami janjikan dulu kepada masyarakat,” katanya.

Kadis Kesehatan Banda Aceh, dr Warqah Helmi yang dikonfirmasi kemarin menambahkan, PSC 119 merupakan layanan pengangkutan sekaligus tindakan medis ringan bagi warga yang berada di luar rumah. “Petugas PSC akan menilai apakah kasus itu perlu dirujuk ke RS terdekat atau bisa ditangani di tempat. Karena tindakan medis ringan sementara dapat dilakukan di ambulans PSC,” jelas Warqah.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help