Lapas Kutacane Terkecil di Indonesia

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kutacane dinilai sebagai lapas terkecil di Indonesia dengan daya tampung hanya 75 orang

Lapas Kutacane Terkecil di Indonesia
SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Sekda Agara, Muhammad Ridwan SE MSi, menyerahkan SK remisi kepada narapidana yang dinyatakan bebas murni di Lapas Kelas II B Kutacane, Jumat (17/8/2018). 

KUTACANE - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kutacane dinilai sebagai lapas terkecil di Indonesia dengan daya tampung hanya 75 orang. Tetapi, yang menjadi narapidana atau warga binaan sudah mencapai 362 orang atau sudah kelebihan sekitar 480 persen.

Kepala Lapas Kutacane, Ngadi SH, Jumat (17/8) menyatakan lapas yang dipimpinnya memiliki bangunan dengan luas 1.300 m2, delapan kamar dan dua sel pengasingan. Dia menjelaskan dengan jumlah napi yang tidak sesuai lagi dengan bangunan, maka mereka harus tidur berhimpit-himpitan dan kondisi ini sudah berlangsung beberapa tahun.

Disebutkan, jika tidak ada dana untuk membangun lapas baru di lokasi baru, maka bangunan yang saat ini satu lantai, dapat ditingkatkan menjadi dua lantai, dengan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar. “Jika rencana ini bisa diwujudkan, maka kondisi lapas akan lebih baik lagi dibandingkan saat ini,” katanya.

Sedangkan Sekda Agara, Muhammad Ridwan SE MSi saat berkunjung ke lapas untuk menyerahkan remisi kepada para napi mengatakan sudah ada peninjauan lokasi baru pembangunan lapas. Tetapi, katanya, ada persoalan tentang tanah. “Apapun yang diberikan kepada mereka tidaklah seindah di luar sana,” ujar Muhammad Ridwan, tanpa merinci lebih lanjut.

Sementara itu, tujuh napi Kelas II B Kutacane bebas menghirup udara segar, tetapi ada bebas bersyarat seusai mendapatkan remisi umum HUT ke-73 RI. Ngadi mengatakan sebanyak 113 narapidana Kelas II B Kutacane mendapat remisi, dari sebulan hingga enam bulan.

Disebutkan, empat napi bebas murni dan tiga napi bebas bersyarat. Saat kunjungan pejabat, juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Bakri Syahputra SPd MSi, Kepala BKKBN dr Putra, Plt Asisten III Setdakab Rusli SKom. Kepala BKPSDM Masuddin SE, Asisten II, dan Kabag Kesra.(as)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved