16.948 KK Terima Bansosrastra

Jumlah penerima bantuan sosial beras sejahtera (Bansosrastra) di Aceh Barat mencapai 16.948 keluarga penerima

16.948 KK Terima Bansosrastra
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
MENSOS RI Khofifah Indar Parawangsa menyerahkan secara simbolis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan juz amma kepada warga di Gedung Pertemuan Kota Sigli, Pidie 

MEULABOH - Jumlah penerima bantuan sosial beras sejahtera (Bansosrastra) di Aceh Barat mencapai 16.948 keluarga penerima manfaat (KPM). Bansosrastra tersebut merupakan bantuan gratis dari pemerintah pusat kepada keluarga miskin yang sebelumnya disebut beras untuk keluarga miskin (raskin).

Pemkab Aceh Barat bersama Bulog Divre Meulaboh menyalurkan secara simbolis bansosrastra tersebut kepada keluarga miskin di Kantor Camat Arongan Lambalek, Sabtu (18/8).

Penyaluran tersebut dihadiri Bupati Ramli MS, Dandim Letkol Kav Nurul Diyanto, Kepala Bulog Divre Meulaboh Ade Mulyani, Kadis Sosial Syarifah Junaidah, Camat Arongan dan pejabat Pemkab lainnya.

Bersamaan penyaluran bansosrastra kepada masyarakat di kabupaten itu juga disalurkan bantuan kelompok usaha bersama (Kube) dan paket gizi lanjut usia (lansia). Penyaluran tersebut dihadiri para penerima dari kecamatan setempat. Kadis Sosial Syarifah Junaidah melaporkan beras sejahtera diberikan untuk penerima manfaat berjumlah 16.948 KPM dari seluruh kecamatan.

Sedangkan bantuan Kube yakni untuk petani palawija yang terdiri atas dua kelompok untuk Kecamatan Bubon, 3 kelompok Kecamatan Kaway XVI, dan 1 kelompok untuk Kecamatan Samatiga.

“Untuk paket gizi lansia terdiri beras 2 sak, gula 7 kilogram, biskuit 1 kaleng. Total paket gizi lansia sebanyak 50 paket untuk 11 kecamatan,” katanya.

Dikatakannya bantuan tersebut merupakan terobosan bupati yang memikirkan rakyatnya. Maka melalui Dinas Sosial selaku pelaksana kegiatan mendata dan memfasilitasi kelompok untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Sementara itu Kepala Bulog Divre Meulaboh Ade Mulyani menyatakan untuk bantuan sosial beras sejahtera, pihaknya sudah menargetkan sebelum 25 Agustus sudah disalurkan untuk jatah bulan Agustus.

Sedangkan jumlah yang disalurkan per KPM (keluarga penerima manfaat) sebanyak 10 kg dan berbeda dengan raskin (beras miskin) disalurkan 15 kg/KPM yakni harus ditebus. Namun bansosrastra disalurkan gratis merupakan program pemerintah pusat.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved