Aceh Juara 3 Duta Bahasa Nasional

ceh berhasil meraih juara 3 Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018 yang berlangsung di Hotel

Aceh Juara 3 Duta Bahasa Nasional
ist
Duta Bahasa Aceh, Al Muarrif dan Ainna Khairunnisa meraih juara 3 di ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2018 di Jakarta, Jumat (17/8/2018). 

BANDA ACEH - Aceh berhasil meraih juara 3 Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018 yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, 13-18 Agustus 2018. Duta Bahasa Aceh di even yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI itu yakni Al Muarrif (mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsyiah) dan Ainna Khairunnisa (mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry).

Koordinator Panitia Seleksi Duta Bahasa Tingkat Provinsi Aceh 2018, yang mendampingi peserta Aceh pada kegiatan tersebut, Syarifah Zurriyati, Sabtu (18/8), mengatakan, Al Muarrif dan Ainna yang merupakan Duta Bahasa Provinsi Aceh menorehkan sejarah bagi Aceh di perhelatan duta bahasa tingkat nasional. “Kami senang Aceh mampu meraih peringkat 3 untuk pertama kali dan yang paling tinggi selama ini,” ujarnya.

Dikatakan, even yang diikuti duta bahasa provinsi se-Indonesia itu ditutup dengan penobatan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018, Jumat (17/8). Aceh, lanjut Syarifah, harus puas di posisi ketiga setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta di posisi pertama dan kedua. Sementara terbaik IV, V, dan VI masing-masing diraih utusan Sumatera Selatan, Bali, dan Jawa Timur. “Selain piala, duta bahasa kita juga mendapat piagam dan uang masing-masing Rp 8 juta,” jelas dia.

Selama seminggu di Jakarta, lanjut Syarifah, duta bahasa dari semua provinsi dikarantina di Hotel Mercure. Mereka diberi materi seputar kebahasaan, presentasi program kerja dan wawancara, berkunjung ke Istana Negara dan Gedung MPR, serta mengikuti upacara 17 Agustus di Kemendikbud. “Pada malamnya mereka menunjukkan bakat, dimana Aceh menampilkan monolog Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar,” timpalnya.

Syarifah Zurriyati mengaku bangga atas pencapaian putra-putri Aceh di ajang prestisius tersebut. Menurutnya, dukungan Pemerintah Aceh, Balai Bahasa Provinsi Aceh, dan doa dari masyarakat membuat duta bahasa Aceh mampu tampil brilian dalam kompetisi itu.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved