Pembukaan Asian Games 2018, Korut dan Korsel Bawa Bendera Korea Bersatu

Penyatuan Korea Selatan dan Korea Utara menjadi Tim Korea sebenarnya sudah terjadi pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang

Pembukaan Asian Games 2018, Korut dan Korsel Bawa Bendera Korea Bersatu
AP Photo - Lee Jin-ma
Kontingen Korea Selatan dan Korea Utara . 

SERAMBINEWS.COM - Pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno pada Sabtu (18/8/2018) akan menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea.

Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara akan berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Sejumlah warga Korea yang ditemui Kompas.com berharap, momen tersebut dapat memulihkan hubungan kedua negara yang sudah berkonflik selama lebih dari 70 tahun.

"Saya sangat senang dengan adanya satu tim Korea dalam upacara pembukaan nanti. Saya sangat senang dan berharap Korea akan terus bersama di masa depan," kata Mansun, warga Korea Selatan.

Baca: Kenakan Kostum Gulat, Inilah Fakta Unik Pembawa Bendera Mongolia di Pembukaan Asian Games 2018

Ia mengatakan, Korea Selatan dan Korea Utara sudah lama berkonflik dan berharap momen tersebut dapat mengeratkan hubungan kedua Korea.

"Kau tahu hubungan Korea Selatan dan Utara kan? Saya dari Korea Selatan dan saya tidak ada bedanya dengan warga Korea Utara. Kita sama-sama orang Korea," kata dia.

Junyoung Park, warga Korea yang berkuliah di Indonesia, punya pendapat serupa dengan Mansun. Ia berharap, hubungan kedua Korea dapat lebih baik lagi.

 
"Saya yang sangat tersentuh karena kita sudah terpisah selama lebih dari 70 tahun tapi kita semua satu keluarga. Kita harus bersatu kembali dan saya harap hari ini menjadi langkah awal untuk kembali," ucap dia.

Ia menyampaikan, ada ratusan orang Korea yang akan menonton parade atlet Korea Bersatu pada malam nanti.

"Hal yang paling kami tunggu-tunggu adalah kemunculan tim Korea Bersatu dalam parade atlet malam nanti," kata dia.

Baca: Ratusan Pelajar Ikuti Kemah Akbar di Bumi Perkemahan Syekh Abdurrauf As Singkili

Selain tampil bersama dalam parade atlet, tin Korea Bersatu bermain bersama dalam cabang bola basket (putri), perahu naga (putra dan putri), serta dayung (putra LM4-, LM8+, dan putri LW2X).

Penyatuan Korea Selatan dan Korea Utara menjadi Tim Korea sebenarnya sudah terjadi pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Namun, dalam ajang tersebut, Tim Korea hanya berpartisipasi dalam satu cabang olahraga, yakni hoki es (putri) dengan jumlah 35 atlet (23 atlet Korea Selatan dan 12 atlet Korea Utara). (Ardito Ramadhan)

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : Gara-gara Pembukaan Asian Games 2018, Korut dan Korsel Bawa Korea Bersatu'>Bendera Korea Bersatu

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help