Warga Minta Perbaikan Jalan

Sekitar 15 kilometer jalan lintas Kecamatan Birem Bayeun ke Kecamatan Simpang Jernih, rusak parah

Warga Minta Perbaikan Jalan
PENGENDARA melintas di jalan yang rusak berat di Gampong Blang Tualang, Kecamatan Birem Bayeun, menuju Gampong Ranto Panjang Bedari, Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur. 

* Birem Bayeun-Simpang Jernih

IDI - Sekitar 15 kilometer jalan lintas Kecamatan Birem Bayeun ke Kecamatan Simpang Jernih, rusak parah sejak tahun 2011 dan hingga kini belum ada upaya perbaikan. Kondisi jalan yang rusak berat itu, mulai dari Gampong Blang Tualang di Kecamatan Birem Bayeun, hingga ke Gampong Rantau Panjang di Kecamatan Simpang Jernih.

“Selama tujuh tahun jalan ini dibiarkan rusak. Akibatnya masyarakat sangat kesulitan menghidupkan ekonomi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata M Harun, warga Rantau Panjang, Minggu (19/8).

M harun mengungkapkan, saat musim hujan, jalan ini tidak bisa dilalui karena penuh dengan lumpur. Warga Gampong Rantau Panjang terpaksa menempuh jalur sungai ke Gampong Simpang Jernih untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. “Padahal, jika jalan tak rusak, dari Rantau Panjang ke Blang Tualang di Kecamatan Birem Bayeun hanya membutuhkan waktu dua jam. Karena itu kami meminta pemerintah memperbaiki jalan ini secepatnya, sehingga masyarakat bisa terlepas dari keterisoliran,” ungkap Harun yang juga tokoh pemuda setempat.

Pemuda Kecamatan Peunaron, Ardiansyah, mengungkapkan kondisi jalan dari Rantau Panjang Bedari ke Gampong Blang Tualang tak bisa ditembus karena lumpur yang terlalu tebal. Selain itu, jalan tersebut juga melintasi satu sungai dan empat alur air yang tak memiliki jembatan. Sehingga pengendara harus menyeberangi sungai, dan hal ini mustahil dilakukan jika debit air sedang tinggi.

“Jalan ini sangat mendesak dibangun karena kondisinya lumpuh total. Banyak petani di daerah ini tidak bisa mengeluarkan hasil pertaniannya. Karena itu pemerintah diharapkan memprioritaskan pembangunan jalan dan jembatan di daerah pedalaman ini,” pinta Ardi.(c49)

Tags
Rusak
Warga
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved