99 Yatim Lambhuk dan Kajhu Disantuni

Menjelang Idul Adha 1439 Hiriah, secara tak bersamaan 33 anak yatim di Gampong Lambhuk, Banda Aceh

99 Yatim Lambhuk dan Kajhu Disantuni
Perangkat Gampong Lambhuk, Banda Aceh berpose bersama anak yatim usai penyerahan santunan di masjid setempat 

BANDA ACEH - Menjelang Idul Adha 1439 Hiriah, secara tak bersamaan 33 anak yatim di Gampong Lambhuk, Banda Aceh dan 66 anak di Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar mendapat santunan. Di Lambhuk, Senin (20/8), sebanyak 33 yatim gampong setempat menerima santunan Idul Adha masing masing Rp 1 juta. “Santunan ini adalah program tahunan di Gampong Lambhuk, Kecamatan Uleekareng,” ujar Rustam AB, keuchik Gampong Lambhuk, kemarin.

Ketua Pengurus Badan Santunan Anak Yatim Gampong Lambhuk, Zubir Abdullah mengatakan, santunan yang diberikan kepada para yatim itu adalah hasil donasi dari masyarakat Gampong Lambhuk, serta warga lain yang ikut berpartisipasi.

Penyaluran santunan itu rata rata tiga kali dalam setahun, yaitu memasuki tahun ajaran baru, Idul Fitri dan Idul Adha. “Kami membuka kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi, dengan menempatkan celeng amal khusus untuk anak yatim di Masjid Al Islahiyah Lambhuk, serta beberapa warung kopi dan fasilitas publik di seputaran Lambhuk,” ujar Zubir.

Para anak yatim yang menerima santunan itu umumnya masih berusia sekolah. Badan Santunan Anak Yatim Gampong Lambhuk, telah melakukan kegiatan santunan itu dalam beberapa tahun terakhir. Antusiasme warga Gampong Lambhuk ikut menjadi kunci suksesnya kegiatan amal tersebut. “Alhamdulillah, masyarakat gampong sangat mendukung kegiatan ini, hingga terus berjalan sesuai harapan. Bagaimana pun anak yatim adalah tanggung jawab bersama,” ujar Khudri, salah seorang pengurus Badan Santunan Yatim Gampong Lambhuk.

Di Kajhu, seperti biasa, Organisasi sosial Kajhu Peduli Anak Yatim (Kapay) kembali menyantuni 66 anak yatim gampong setempat. Berbeda dengan penyaluran santunan tahap sebelumnya yang selalu dilaksanakan di Sekretariat Kapay, Masjid Almagfirah Habieb Chiek Kajhu, dua hari lalu penyaluran santunan untuk keenam kali ini di Pantai Mon Singet, Gampong Kajhu.

Ketua Kapay, Salman Farisyi, mengatakan nilai santunan itu Rp 16.500.000 atau masing-masing anak Rp 250 ribu. “Sumber bantuan, seperti biasa, dari donatur tetap dan seluruh donatur serta masyarakat Kajhu secara sukarela, termasuk melalui celengan di Masjid Almagfirah serta di kedai-kedai Gampong Kajhu,” kata Salman via WhatsApp kepada Serambi dua hari lalu.

Adapun acara, Minggu (19/8), dilaksanakan di Pantai Mon Singet, kata Salman, karena pada kesempatan yang sama, mereka juga menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 RI ini selain diikuti anak yatim dan fakir miskin, juga melibatkan anak-anak masyarakat umum dan ibu-ibu di Kajhu. Sumber dana pelaksanaan acara itu, kata Salman, tak menggunakan dana anak yatim, melainkan mereka galang khusus untuk pembuatan acara itu.

Lebih lanjut, Salman juga menginformasikan seusai shalat Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu (22/8) lusa, pihaknya akan memotong tiga lembu untuk dibagikan kepada anak yatim dan fakir miskin di Kajhu. “Dua lembu itu amanah dari Umi Malaysia dan satu lagi sumbangan pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap,” sebut Salman. (nur/sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved