Salam

Bangun Kembali Kohesi Sosial Aceh

Idul Adha 1439 H dan kurban yang hingga hari ini, Jumat (24/8), masih dilaksanakan, adalah bentuk pengabdian ummat

Bangun Kembali Kohesi Sosial Aceh
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan istri Dyah Erti Idawati menyerahkan hewan hewan kurban miliknya melalui Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Karo Isra Pemerintah Aceh, Zahrol Fajri SAg MH usai pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (22/8/2018). 

Idul Adha 1439 H dan kurban yang hingga hari ini, Jumat (24/8), masih dilaksanakan, adalah bentuk pengabdian ummat manusia kepada Sang Khalik Allah SWT, sekaligus sebagai tanggungjawab sosial kepada sesama manusia. Namun lebih dari itu ritualitas formal itu dapat menghadirkan nilai nilai humanis dan empati, kepekaan serta rasa solidaritas sosial terhadap sesama manusia.

Ibadah kurban juga menjadi bagian dari upaya revitalisasi ukhuwah islamiyah dan solidaritas sosial diantara hamba Allah. Untuk itu mari kita bangun kembali kohesi sosial Aceh. Melalui ibadah kurban kita dituntut untuk membagi rasa dan kenikmatan kepada saudara saudara kita yang belum mampu, yang pada gilirannya akan makin memperkuat tali ukhwah yang selama ini telah terjalin.

Insya Allah, momentum Hari Raya Idul Adha juga harus dimanfaatkan sepenuhnya untuk menata kembali hablunminallah dan hablunminannas ke arah yang lebih baik.

Saat ini ribuan saudara kita dari Aceh baru saja menuntaskan rukun haji bersama jutaan ummat Islam lainnya di Tanah Suci Mekkah. Mereka baru saja menuntaskan wukuf di Arafah, bermalam di Mina dan melontar jumrah. Kita berharap semua saudara kita yang telah menuntaskan rukun haji itu diganjar oleh Allah dengan status haji dan hajjah yang mabrur.

Lebih dari itu mari kita doakan semoga semua mereka dikaruniakan Allah kesehatan dan kekuatan, hingga kembali ke tanah air dengan selamat dan senantiasa dalam baraqah Allah SWT.

Melalui kesakralan Idul Adha dan kurban, semua kita hendaknya senantiasa mengedepankan perdamaian di dalam menjalani berbagai perbedaan dan tantangan hidup. Ibadah haji sekaligus momentum Hari Raya Kurban, Insya Allah akan mempersatukan hati dan setiap gerak langkah kita untuk secara bersama sama mewujudkan kemaslahatan rakyat Aceh yang kita cintai ini.

Kita berharap semangat berkurban yang baru saja selesai kita aplikasikan dalam bentuk nyata, menjadi momentum untuk membangun kebersamaan dan soliditas komunal. Serta membuang jauh jauh potensi kesejangan sosial yang kini banyak diklaim sudah taraf mengkhawatirkan.

Disparitas sosial hanya akan memantik sebuah kecemburuan global yang berujung pada konflik horizontal. Idul Adha dan kurban diharap mampu membangun jembatan hati antara orang orang yang dinilai mampu dengan kelompok ekonomi lemah.

Bagaimanapun, Idul Adha 1439 H merupakan momen penting untuk meningkatkan persaudaraan dan persatuan umat. Ada tiga dasar utama dalam membangun suatu peradaban. Tiga dasar itu adalah dasar spiritual, intelektual, dan dasar material. Saat ini Aceh telah mempraktikkan dasar spiritual dengan melaksanakan syariat Islam baik dalam bidang hukum maupun ekonomi.

Sedangkan menyangkut dasar intelektual dan material, Pemerintah Aceh dan rakyatnya hendaknya terus berpacu agar kita tidak tertinggal dengan daerah lain di Indonesia.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved