8 Hari Terombang Ambing di Laut, 4 Nelayan Aceh yang Terdampar di Thailand Segera Dipulangkan

Sebelum terdampar ke Thailand, kapal mereka juga sempat mati mesin beberapa jam, kemudian mendapat bantuan dari nelayan India.

8 Hari Terombang Ambing di Laut, 4 Nelayan Aceh yang Terdampar di Thailand Segera Dipulangkan

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Setelah delapan hari terombang ambing di laut karena kapal yang mereka tumpangi hayut dihantam angin dan gelombang besar, empat orang nelayan asal Lampulo, Banda Aceh, terdampar ke perairan Phang Nga, Thailand.

“Kami dapat informasi dari pengurus kapal nelayan di Lampulo pada hari Jum’at (24/08/18) ada empat nelayan Aceh yang terdampar ke Thailand,” kata Miftah Cut Adek, wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, kepada Kompas.com, Selasa (28/08/18).

Menurut Miftah, Empat orang nelayan dari Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh yang terdampar ke Thailand itu menggunakan Kapal Motor 2016.347 bantauan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mereka terseret angin dan gelombang setelah as kipas (kumudo) patah saat menghindari angin dan gelombang besar di wilayah perairan laut Pulau Aceh, Aceh Besar.

Baca: Spanduk dan Baliho Bacaleg Marak di Pidie, Panwaslih: Pemasangan itu Melanggar Undang-Undang

Sebelum terdampar ke Thailand, kapal mereka juga sempat mati mesin beberapa jam, kemudian mendapat bantuan dari nelayan India.

Setelah mesin kapal hidup mereka pulang, namun dalam perjalan kapal mereka kembali dihantam angin dan ombak besar di kawasan Pulau Aceh hingga terombang ambing dan terdampat ke Thailand.

Nelayan Aceh yang terdampar ke perairan Phang Nga, Thailand itu diketahui berangkat dari Pelabuhan Lampulo untuk mencari tangkpan ikan tuna di perairan laut Aceh pada 14 Agustus lalu.

Kemudian setelah mengalami mati mesin dan as kipas (kumudo) patah mereka bersama kapal berkapasitas 6 GT itu mulai terombang ambing di laut lepas sejak 16 Agustus.

“Kemudian pada 23 Agustus mereka selamatkan oleh pihak kemanan laut Thailand,” lanjut Miftah.

Baca: Demi Tampil Maksimal dalam Konser Tunggal, Syahrini Jalani Operasi Pita Suara di Amerika dan Jepang

Empat orang nelayan Lampulo Banda Aceh yang terdampar ke perairan Phang Nga, Thailand, diantaranya Arifin (36) warga asal Kabupaten Simeulu, Muhammad (30) Pidie, Dedi surianto (37) dan Dendi R (29) Aceh Barat Daya.

Kini mereka sedang menunggu proses pemulangan kembali ke Aceh.

Informasi terakhir dari angkatan laut Thailand empat nelayan itu harus dipulangkan dengan menggunakan pesawat, karena kondisi kapal rusak sehingga tidak memungkinkan mereka kembali ke Aceh dengan menggunakan kapal.

"Sementara informasi yang kami terima dari staf KBRI Thailand pemulangan akan dilakukan melalui penerbangan dari Bangkok ke Indonesia, sekarang sedang kita jajaki,” pungkas Miftah.(*)

Baca: Ditangkap KPK, Ketua PN Medan Lampiaskan Emosi ke Wartawan

Baca: Dua Rumah Warga Merah Pupuk, Aceh Tengah Hangus Terbakar

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dihantam Angin dan Gelombang Besar, 4 Nelayan Terdampar di Thailand"

Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved