Penjualan Liquid Vape Tanpa Cukai akan Ditindak, Ini Tenggang Waktunya

Namun Bea Cukai masih memberi tenggang waktu kepada pelaku usaha hingga 1 Oktober 2018

Penjualan Liquid Vape Tanpa Cukai akan Ditindak, Ini Tenggang Waktunya
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo, Selasa (28/8/2018) saat menggelar sosialisasi ketentuan pemberlakuan cukai itu kepada pelaku usaha terkait, dinas perizinan, BBPOM, hingga awak media, yang berlangsung di Banda Aceh 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Terhitung sejak 1 Juli 2018, Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Bea Cukai mulai memberlakukan tarif cukai untuk liquid vape (cairan untuk rokok elektrik). Pemberlakuan itu khusus untuk liquid yang berbahan tembakau.

Namun Bea Cukai masih memberi tenggang waktu kepada pelaku usaha hingga 1 Oktober 2018.

Dalam rentan waktu tiga bulan ini, pelaku usaha vape diberi waktu untuk menghabiskan stok barang yang belum berpita cukai, maupun mengembalikan kepada produsen.

Baca: Turun ke Lapangan, Diskominfotik Kota Banda Aceh Temukan Sejumlah Warnet tak Berizin

Jika setelah tanggal itu, maka Bea Cukai sudah tidak mengizinkan lagi Liquid Vape tanpa cukai beredar di pasaran, jika masih ada maka akan ditindak.

Hal itu disampaikan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo, Selasa (28/8/2018) saat menggelar sosialisasi ketentuan pemberlakuan cukai itu kepada pelaku usaha terkait, dinas perizinan, BBPOM, hingga awak media, yang berlangsung di Banda Aceh.

Bambang Lusanto Gustomo yang didampingi Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Dede Ferdian kemarin mengatakan, penetapan tarif cukai ditujukan untuk produk hasil tembakau lainnya (HPTL) sebesar 57 %.

Liquid vape yang berbahan tembakau termasuk dalam HPTL.

Baca: Perokok Wajib Tahu! Ada Kandungan Berbahaya di Setiap Jenis Rokok, Dari Kretek Hingga Vape

Ia menilai, waktu tiga bulan dirasa sudah cukup bagi produsen untuk memenuhi ketentuan perizinan dan pemenuhan ketentuan cukai atas produknya.

Serta menjadi waktu yang cukup bagi toko vape melakukan penyesuaian atas produk yang dijual.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help