Pemkab Harus Uji Kekuatan Konstruksi Kios di Geurutee

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya diminta untuk melakukan analisis terkait konstruksi kios-kios yang dibangun

Pemkab Harus Uji Kekuatan Konstruksi Kios di Geurutee
IST
Salah satu warkop yang rusak akibat longsor di Gunung Geurutee di Kecamatan Jaya, Aceh Jaya Selasa (21/8/2018). 

CALANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya diminta untuk melakukan analisis terkait konstruksi kios-kios yang dibangun berderetan di sepanjang tebing Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya (Lamno), lintas Banda Aceh-Meulaboh. Hal itu untuk menjamin keamanan para pengunjung yang datang ke lokasi tersebut, sebab kondisi bangunan kios saat ini masih sangat diragukan keamanannya, seperti bangunan yang longsor baru-baru ini.

Saifuddin Bantasyam yang juga putra Aceh Jaya kepada Serambi, Selasa (28/7), mengatakan, Pemerintah Aceh Jaya diharapkannya melakukan analisis kekuatan konstruksi kios-kios tersebut. Saran tersebut, menurutnya, telah pernah disampaikan kepada pejabat di Dinas PUPR setempat.

“Saat itu saya menyampaikan saran tersebut karena alasan keamanan pengunjung dan juga pemilik yang sama sekali tidak terjamin. Bahkan para pengguna jalan yang lalu lalang pun terganggu dengan keadaan yang ada saat itu dan juga saat ini,” ungkap Saifuddin Bantasyam yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Disebutkan, kios-kios yang didirikan di pinggir tebing jalan Gunung Geurutee itu tentu semuanya didirikan di atas batu cadas. Itu sebab tiang atau pondasinya tidak bisa ditanam ke dalam sisi tebing, dan hanya dikait-kaitkan satu sama lain, sehingga tapaknya tidak kokoh.

Sementara itu, sebagian kios ada yang dibangun dua lantai. Namun, tidak pernah ada yang tahu berapa ton daya tahan warung-warung tersebut. Di sisi lain, jika para pemilik kios mengebor sisi tebing untuk menanam tiang, maka pengeboran itu tentu dapat membahayakan badan jalan, karena dapat terjadi keretakan dan melebar, sehingga dapat melemahkan struktur badan jalan.

“Sebelum ada korban jatuh, maka saya usulkan agar Pemerintah Aceh Jaya melakukan pemeriksaan terkait kekuatan konstruksi bangunan tersebut. Kejadian amblasnya beberapa kios kemarin adalah bukti kerentanan yang bisa berakibat lebih fatal nantinya,” katanya.

Ia menyarankan, bahwa hasil pemeriksaan bisa berbentuk pelarangan dan pembongkaran di sisi jalan tertentu, atau pemastian keamanan di sisi tertentu. Jika sudah ada jaminan keamanan, maka hasil pemeriksaan harus ditempel di bangunan tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan agar pemerintah setempat membuat peraturan bupati (Perbup) tentang pendirian warung atau kios di sepanjang jalan tebing Geurutee itu. Perbup tersebut mengatur syarat keamanan yang harus dipatuhi pemilik, retribusi jika diperlukan, perizinan, dan sanksi.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved