PMI Gelar Simulasi Siaga Bencana untuk Murid SLB

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Cinta Mandiri

PMI Gelar Simulasi Siaga Bencana untuk Murid SLB

LHOKSEUMAWE – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Cinta Mandiri mengelar simulasi penanganan bencana kepada murid dan guru di sekolah tersebut, Rabu (29/8).

Ketua PMI Kota Lhokseumawe, Junaidi Yahya mengatakan, simulasi itu diskenariokan dengan bunyi sirene terjadinya gempa bumi, kemudian banyak korban yang terperangkap di dalam sekolah tersebut, termasuk terjadi kebakaran. Sehingga pihaknya memperagakan bagaimana cara mengevakuasi korban yang terperangkap di gedung, serta teknik-teknik dasar pertolongan pertama saat bencana.

“Termasuk disimulasikan bagaimana sigapnya pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api. Untuk simulasi ini, kami menurunkan enam anggota yang dipimpin langsung Muhammad Waly selaku kepala markas,” ujarnya.

Junaidi Yahya juga menjelaskan, Provinsi Aceh telah dipetakan menjadi daerah yang rawan terjadinya gempa bumi, karena dikelilingi oleh sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi. Sesar itu yakni Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut. “Jadi, simulasi ini sangat penting diadakan untuk pelatihan dasar bagi setiap individu. Termasuk bagi anak-anak disabilitas, juga harus bisa memahami bagaimana melakukan pertolongan pertama saat terjadinya bencana,” demikian Junaidi Yahya.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help