26 Tim Ikut Liga Santri

Sebanyak 26 tim dipastikan mengikuti Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Sumatera 1 Aceh Tahun 2018

26 Tim Ikut Liga Santri
SYECH MULYADI, Panitia Liga Santri

* Mulai Besok di Stadion Krueng Mane

BANDA ACEH - Sebanyak 26 tim dipastikan mengikuti Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Sumatera 1 Aceh Tahun 2018. Liga tersebut akan berlangsung di Stadion Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, 1-10 September mendatang. LSN untuk menentukan satu wakil Aceh ke even yang sama tingkat nasional menurut rencana akan dibuka Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Sabtu (1/9) besok.

Panitia Bidang Teknik dan Pertandingan, Syech Mulyadi, kepada Serambi, kemarin, mengatakan, pihaknya sudah siap untuk menggelar LSN Regional Sumatera 1 Aceh tahun ini. “Semua persiapan sudah kita lakukan dengan baik, terutama lapangan. Tujuannya, agar tim peserta nyaman bertanding di Stadion Krueng Mane,” ujarnya.

Menurut Syech Mulyadi, liga tersebut menggunakan sistem gugur. Mengingat tim yang ikut serta hanya 26 kesebelasan, lanjutnya, maka pada putaran pertama ada enam tim yang bye. Sehingga keenam tim tersebut langsung tampil di putaran kedua atau babak 16 besar. Sedangkan 20 tim lain akan saling bentrok untuk memperebutkan 10 tiket putaran kedua yang tersisa.

“Khusus pada hari pembukaan, kita hanya gelar satu pertandingan. Sementara pada hari-hari selanjutnya, liga tersebut akan kita laksanakan pagi dan sore, dimana pada masing-masing waktu itu diisi dengan dua pertandingan,” rinci Syech Mulyadi.

Ditambahkan, upacara pembukaan yang rencananya akan turut dihadiri Staf Khusus Presiden, KH Abdul Ghaffar Rozin, Ketua DPRA, dan sejumlah anggota DPR RI, dijadwalkan dimulai pukul 15.00 WIB. Sebab, menurut Syech Mulyadi, acara itu akan diisi dengan beberapa kegiatan seperti penampilan marching band SMAN 1 Muara Batu dan drumband SMPN 1 Muara Batu, serta pengundian doorprize kepada penonton.

“Doorprize yang kita sediakan sebanyak 100 unit. Kupon dalam bentuk tiket gratis yang akan diundi itu kita sebar ke sejumlah sekolah di sekitar stadion, masyarakat, dan tim peserta. Pengundian doorprize kita lakukan sebelum acara pembukaan, serta di sela-sela dan usai pertandingan pertama. Yang pasti, semua hadiah menarik tersebut kita bagikan pada tersebut,” ungkap Syech Mulyadi.

Panitia Bidang Teknik dan Pertandingan Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Sumatera 1 Aceh Tahun 2018, Syech Mulyadi, juga menjelaskan, untuk kelengkapan persyaratan bermain di even tersebut, semua pemain harus mengikuti screening test yang dilaksanakan di Stadion Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, 30-31 Agustus 2018.

“Screening test kita laksanakan pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Tim screening test beranggotakan unsur dinas pendidikan, dinas kesehatan, dinas kependudkan dan pencatata sipil (disdukcapil), serta kepolisian,” ujarnya.

Pada hari pertama, Kamis (30/8), sebut Syech Mulyadi, pemain yang mengikuti screening test berasal dari sembilan tim yaitu Darul Ihsan, Al-Urwatul Wutsqa, Syamsudhuha, Darul Ma’arif, Babussalam, Almuslimun (Aceh Utara), Ihyahussunnah, Damora Arun (Lhokseumawe), dan Az-Zahra Bireuen. “Sedangkan pemain dari 17 tim lain akan ikut screening hasil besok (hari ini-red). Setelah selesai semua, kita akan langsung umumkan hasilnya,” ungkap Syech Mulyadi.

Persyaratan legalitas lain, tambahnya, setiap tim hanya boleh menyertakan lima pemain kelahiran tahun 2000. Selebihnya semua pemain harus kelahiran tahun 2001 ke atas. Hal itu harus dibuktikan dengan ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga (KK), dan kartu santri.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help