Polisi tidak Keluarkan Izin Deklarasi #2019GantiPresiden Besok, Ini Alasan dan Pertimbangannya

Alasannya, panitia pelaksana baru mengajukan permohonan kegiatan pada Kamis (30/8/2018) pukul 10.00 WIB.

Polisi tidak Keluarkan Izin Deklarasi #2019GantiPresiden Besok, Ini Alasan dan Pertimbangannya
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh tidak mengeluarkan izin atau Surat Tanda Terima Pemberitahuan (SSTP) untuk pelaksanaan Deklarasi #2019GantiPresiden yang direncanakan besok, Sabtu (1/9/2018) sore, di pelataran jalan dan parkir Stadion H Dimurthala, Banda Aceh.

Alasannya, panitia pelaksana baru mengajukan permohonan kegiatan pada Kamis (30/8/2018) pukul 10.00 WIB pada Polresta Banda Aceh.

Sementara kegiatan akan dilaksanakan Sabtu (1/8/2018) sore besok.

Terkait permohonan pengajuan kegiatan yang baru dilakukan Kamis (30/8/2018) pagi, tidak sesuai PP RI Nomor 60 Tahun 2017 Pasal 18.

Baca: Marak Deklarasi Ganti Presiden, Begini Sindiran Hotman Paris

“Ketentuan yang diatur dalam UU, minimal pengajuan permohonan itu minimal tiga hari kerja sebelum pelaksanaan kegiatan,” kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH kepada Serambinews.com.

Hal dimaksud sebutnya jelas diatur dalam PP RI Nomor 60 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perizinan dan Pengawasan Kegiatan Keramaian Umum, Kegiatan Masyarakat Lainnya dan Pemberitahuan Kegiatan Politik.

Lalu, alasan Polresta Banda Aceh dalam hal ini tidak dapat mengeluarkan STTP, karena panitia pelaksana tidak dapat melengkapi beberapa persyaratan dalam jangka waktu tiga hari sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PP RI Nomor 60 Tahun 2017 Pasal 20 Ayat 4.

Baca: Hadir di Acara Dua Sisi, Fadli Zon Bacakan Deklarasi 2019 Ganti Presiden, Ngabalin: Itu Menipu

“Kami tidak pernah melarang pihak-pihak yang ingin menyampaikan pendapatnya di depan umum. Tapi, untuk menyampaikan pendapat tersebut kan ada aturannya juga yang harus diikuti dan sudah diatur di dalam undang-undang,” ungkap Kombes Trisno.

Lalu, hal yang menjadi pertimbangan, Polresta tidak dapat mengeluarkan izin atau STTP terhadap rencana pelaksanaan Deklarasi #2019GantiPresiden yang direncanakan besok, mulai pukul 16.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB, karena mempertimbangkan akan terhadi pro dan kontra di berbagai kelompok masyarakat, sehingga dapat berpotensi terjadi gangguan kamtibmas. (*)

Berita Selengkapnya baca Harian Serambi Indonesia, Sabtu (1/9/2018).

Penulis: Misran Asri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved