Salam

Rangkulan Jokowi dan Prabowo Menyejukkan

Hampir seluruh media massa di tanah air dan beberapa media luar negeri menempatkan foto Presiden Jokowi

Rangkulan Jokowi dan Prabowo Menyejukkan
Kolase Serambinews.com/Instagram Prabowo
Prabowo Subianto dan Jokowi Berpelukan 

Hampir seluruh media massa di tanah air dan beberapa media luar negeri menempatkan foto Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto sedang berangkulan bersama pesilat Hanifan Yudani Kusumah yang meraih medali emas Asian Games 2018, sebagai foto utama halaman depan edisi Kamis (30/8). Dua tokoh nasional itu tampak begitu gembira atas raihan medali emas Indonesia yang sudah mencapai 30 medali dari target yang hanya 16 emas. Dan, cabang pencak silat yang diketuai Prabowo Subianto menjadi cabang paling banyak menyumbang emas untuk kontingen tanah air. Para jagoan silat Indonesia menyapu habis 13 emas yang diperebutkan pada cabang pencak silat Asian Games 2018 ini.

Karena itulah keduanya sangat senang hati, sehingga saat berangkulan mereka benar-benar terharu dan gembira, seolah melupakan bahwa mereka sedang berseteru di ajang Pilpres 2019. Berjuta-juta rakyat Indonesia yang hadir di arena pencak silat Asian Games, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, maupun yang menonton lewat televisi menjadi saksi betapa, ajang Asian Games yang mencatat prestasi gemilang ini bukan hanya gengsi dan hiburan bagi bangsa Indonesia, tapi juga menjadi momentum penyejukan bagi kagaduhan akibat politik.

Sesungguhnya, Asian Games secara tak langsung sudah “menguburkan” begitu banyak trik-trik politik yang dibangun kelompok politisi untuk kepentingan mereka. Publik dan media seakan lebih tertarik mengikuti kisah sukses para pahlawan olah raga Indonesia di pesta olah raga se benua Asia, ketimbang memberi perhatian pada kampanye murahan untuk Pilpres 2019.

Rangkulan haru Jokowi dan Prabowo yang disaksikan langsung Wapres Jusuf Kalla, Megawati Soekarno Putri, dan sejumlah pejabat negara lainnya, mendapat tanggapan positif dari banyak kalangan. “Aduh saya senang sekali, bahkan sampai merinding melihat momen itu,” kata Sandiaga Uno.

Respons positif juga disampaikan inisiator gerakan #2019GantiPresiden Mardani Ali Sera. “Bagus, adem, dan baik buat Pilpres 2019,” kata Mardani. Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) menuliskan, “Momen luar biasa, saya senang.”

Yang paling penting rangkulan ikhlas dan bukan settingan itu diharap menjadi citra damai yang berlanjut saat masa kampanye pemilu presiden 2019. Rasa suka cita seperti di arena Asian Games itu juga harus tercipta saat kampanye Pilpres nanti. Sebab, pemilu atau pesta demokrasi itu juga harus menjadi pesta yang menyenangkan, bukan malah buat mencekam dalam masyarakat. “Pilpres itu pesta kegembiraan untuk menawarkan gagasan mana yang terbaik. Karena itu, kita harus melakukannya dengan penuh suka cita, bukan dengan baper (bawa perasaan),” kata seorang politisi. Nah?!

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help