Buhari Selian tak Bisa Maju Caleg

Anggota DPRA dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang berencana maju lagi dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019

Buhari Selian tak  Bisa Maju Caleg
SERAMBI/SUBUR DANI
Sidang putusan sengketa Pemilu terkait kasus Buhari Selian, Bacaleg DPRA dari PAN yang dinyatakan tidak lulus uji baca Alquran. Sidang dilaksanakan di Kantor Panwaslih Aceh, Jumat (31/8) malam. SERAMBI/SUBUR DANI 

* Panwaslih Tolak Gugatan PAN
* Terkait Hasil Uji Baca Alquran

BANDA ACEH - Anggota DPRA dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang berencana maju lagi dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dari daerah pemilihan 8 (Gayo Lues, Aceh Tenggara), Buhari Selian, harus menelan pil pahit.

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menolak gugatan DPW PAN Aceh terkait keputusan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang menyatakan Buhari tidak memenuhi syarat sebagai caleg Pemilu 2019,karena tidak lulus uji baca Alquran.

Putusan Nomor 002/PS/Bawaslu-Prov.Ac/VIII/2018 itu dibacakan Ketua Majelis Sidang, Zuraida Alwi didampingi Faizah, Marini, dan Fahrul Rizha Yusuf, serta sekretaris dalam sidang ajudikasi permohonan penyelesaian sengketa pemilu di kantor itu di Banda Aceh, Jumat (31/8) malam, sekira pukul 21.30 WIB.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya, demikian diputuskan dalam rapat pleno Panwaslih Aceh oleh Faizah, Fahrul Rizha Yusuf, Zuraida Alwi, Marini, masing-masing sebagai Anggota Panwaslih Aceh dan diucapkan di hadapan para pihak serta terbuka untuk umum,” baca Zuraida Alwi di hadapan para pemohon (DPW PAN Aceh) dan termohon (KIP Aceh).

Zuraida juga menyampaikan bahwa tim uji mampu baca Alquran KIP Aceh telah bekerja independen dan memiliki kompetensi untuk menguji dan menilai kemampuan bakal calon anggota DPRA.

Tim uji mampu itu berpedoman pada Keputusan KPU RI Nomor : 869/PL.01.4-Kpt/03/KPU/VII/2018 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Alquran Bakal Calon Anggota DPRA dan DPRK.

“Bahwa TIM uji mampu baca Alquran telah melaksanakan uji mampu baca Alquran kepada bacaleg Partai Amanat Nasional (PAN) dapil delapan sesuai dengan Keputusan KPU RI,” baca Zuraida.

Disebutkan juga, bahwa rekaman video Buhari Selian mengaji saat mengikuti uji baca Alquran 18 Juli lalu, yang diserahkan oleh KIP Aceh dan dibuka pada sidang pembuktian, adalah alat bukti yang sah. “Oleh karena itu dapat dipertimbangkan dalam putusan a quo (perkarayang diperselisihkan),” sebut Zuraida.

Video rekaman itu membuktikan, bahwa Buhari Selian hanya mampu secara jelas membaca ta’awudz (au’zubillah) dan basmallah. “Selebihnya saksi I (Buhari Selian) membaca dengan terbata-bata dan suara yang kurang jelas,” urai Zuraida.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help