Masjid, Lembaga Pencetak Kepemimpinan Umat

Perguruan tinggi, pesantren, dan masjid harus menjadi perhatian umat, karena ketiga lembaga ini sebagai pencetak kepemimpinan Islam ke depan

Masjid, Lembaga Pencetak Kepemimpinan Umat
SERAMBINEWS.COM/IST
Pintu gerbang Dayah Perbatasan Safinatussalamah Biskang, Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil. 

KUALASIMPANG - Perguruan tinggi, pesantren, dan masjid harus menjadi perhatian umat, karena ketiga lembaga ini sebagai pencetak kepemimpinan Islam ke depan. Hal ini diungkapkan Kadis Pendidikan Dayah Aceh Usamah El Madny mewakili Plt Gubenur Aceh saat membuka perkampungan remaja masjid, pemuda dan santri ke-12 di Masjid Al Muttaqien, Kampong Tangse Baru, Kecamatan Sruway, dua hari lalu.

Perkampungan Remaja masjid ini digelar Badan Komunikasi Pemuda, Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh bekerja sama dengan BKPRMI Aceh Tamiang dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh diikuti sebanyak 15 BKPRMI Kabupaten kota di Aceh dengan jumlah peserta 800 orang selama empat hari.

Dikatakan Usamah El Madny, salah satu misi dari pemerintah Aceh dan Aceh Tamiang sangat terkait dengan kegiatan perkampungan remaja masjid, dimana salah satunya pelaksanaan syariat Islam secara kaffah. “Ketika BKPRMI membangun umat dengan memakmurkan masjid, tentu tidak ada alasan pemerintah Aceh tidak mendukungnya dan mudah mudahan semakin banyak generasi muda Aceh yang memakmurkan Masjid,” kata dia.

Menurutnya, ada tiga lembaga yang mempersiapkan dan menyuplai kepemimpinan generasi Aceh ke depan. Pertama, kampus, yang mencetak kepemimpinan umat, karenanya nilai-nilai Islam harus mewarnai kampus. Lembaga kedua, pesantren, perhatian terhadap lembaga ini juga harus diutamakan. Dan ketiga sebagai penyuplai kepemimpinan umat, masjid. “Jangan remehkan kekuatan masjid, karena dari masjid mampu mengubah pranata kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu masjid ini terus kita konsolidasikan agar umat kuat, salah satunya memakmurkan masjid karena tanda-tanda kemenangan umat salah satunya masjid sesuai dengan hadist nabi dan yakinlah terhadap perubahan ini.

Aneka kegiatan
Sebelumnya, Ketua BKPRMI Aceh, Ahyar MAg dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam perkampungan ke-12 ini dihadiri 800 peserta dari 15 BKPRMI kabupaten/ kota di Aceh. Kader masjid ini ditempatkan di rumah-rumah warga, sehingga dapat berinteraksi dan mengetahui kondisi umat di lapangan.(md)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help