Dijanjikan Disalurkan Awal September, Pupuk Bersubsidi belum Tersedia di Abdya

“Saya sudah datangi beberapa kios pengecer mencari pupuk NPK Phonska, namun pemilik kios menjelaskan stok belum disalurkan,” kata salah seorang petani

Dijanjikan Disalurkan Awal September, Pupuk Bersubsidi belum Tersedia di Abdya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Pekerja memuat ratusan ton pupuk bersubsidi di Gudang Penyangga Lini III Abdya di Desa Keude Paya, Blangpidie, Abdya, Jumat (26/1/2018). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Tiga jenis pupuk bersubsidi,  NPK Phonska, SP-36 dan ZA mengalami kelangkaan di kios-kios pengecer resmi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak pekan ketika Agustus lalu atau menjelang Idul Adha 1439 H.

Alokasi pupuk bersubsidi tersebut untuk sembilan kecamatan di Abdya disalurkan dua distributor.

PT Pertani selaku distributor pupuk  NPK Phonska, SP-36 dan ZA, termasuk Organik untuk enam kecamatan, yaitu Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Susoh, Blangpidie dan Tangan-Tangan.

Baca: Harga TBS tak Menjanjikan Lagi, Petani Abdya Mulai Jual Kebun Sawit

Sedangkan kebutuhan pupuk  bersubsidi NPK Phonska, SP-36 dan ZA untuk tiga kecamatan lainnya, yaitu Setia, Manggeng dan Lembah Sabil disalurkan distributor PT Meuligoe Raya.

Distributor PT Pertani dalam rapat dengan Plt  Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Senin pekan lalu menjanjikan alokasi pupuk bersubsidi, NPK Phonska, SP-36 dan ZA akan disalurkan ke kios-kios pengecer dalam enam kecamatan pada awal September 2018.

Dari hasil pantauan Serambinews.com di kios-kios pengecer resmi di Pasar Blangpidie, Selasa (4/9/2018), stok ketiga jenis pupuk bersubsidi yang sangat dibutuhkan itu ternyata belum tersedia.

“Saya sudah datangi beberapa kios pengecer mencari pupuk NPK Phonska, namun pemilik kios menjelaskan stok belum disalurkan,” kata salah seorang petani asal Meudang Ara, Blangpidie dengan raut muka sangat kecewa ketika ditanyai Serambinews.com di Jalan H Ilyas Pasar Blangpidie.

Baca: Mobil Carry Tabrak Pantat Innova yang Sedang Parkir di Abdya, Begini Kejadian dan Kerusakannya

Hal yang sama dialami para petani lainnya karena tidak berhasil mendapatkan pupuk bersubsidi. Sebagian besar petani sangat kecewa karena tanaman padi MT Gadu 2018 sangat butuh pemupukan.

Bila pemupukan tersendat maka akan mengganggu pertumbuhan padi dan ujung-ujungnya mempengaruhi hasil panen.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help