Nonmuhrim Dilarang Duduk Semeja

Pemkab Bireuen menerbitkan edaran standardisasi warung kopi/kafe dan restoran sesuai syariat Islam

Nonmuhrim Dilarang Duduk Semeja
SAIFANNUR, Bupati Bireuen

* Edaran Bupati Bireuen Terkait Standardisasi Kafe/Warung

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Pemkab Bireuen menerbitkan edaran standardisasi warung kopi/kafe dan restoran sesuai syariat Islam.

Dalam salah satu poin edaran yang diteken Bupati Bireuen, H Saifannur SSos tersebut ditegaskan haram hukumnya laki-laki dan perempuan makan dan minum satu meja kecuali dengan mahramnya.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, Jufliwan SH MM kepada Serambi, Selasa (4/9) mengatakan, edaran yang terdiri 14 poin tersebut sebagai bentuk dakwah Islam serta sosialisasi yang dilakukan Pemkab Bireuen agar warung kopi, kafe, dan restoran dapat mengetahui bagaimana standar sebuah warung dalam prinsip dan ketentuan Islam. (Selengkapnya tentang edaran itu, lihat boks).

Edaran tersebut, menurut Jufliwan sudah pernah diterbitkan pada masa bupati Ruslan M Daud dan pada periode Bupati Saifannur diedarkan lagi.

Pemkab Bireuen berharap pengelola warung, kafe, dan restoran dapat menyesuaikan operasional dengan edaran tersebut.

Dikeluarkan edaran itu, menurut Kadis Syariat Islam Bireuen tidak lepas dari masukan dan amatan di lapangan di mana banyak kaum perempuan duduk di kafe yang diperkirakan bukan dengan muhrimnya.

“Banyak remaja putri nongkrong di kafe berlama-lama sehingga memunculkan pandangan tidak baik,” kata Jufliwan.

Inti edaran itu, kata Jufliwan, sebagai bentuk dakwah dan bersifat imbauan agar pengusaha atau pemilik warung kopi tidak melanggar syariat Islam.

Ditanya apakah edaran tersebut sebagai suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengelola warung, kafe, dan restoran, Jufliwan mengatakan, pihaknya mendakwahkan dan mengharapkan dapat dilaksanakan sehingga keberadaan warung di Bireuen menjadi lebih baik sesuai syariat Islam.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help