Tersangka Kasus Pemberondongan ke Jaksa

Penyidik Polres Aceh Utara melimpahkan berkas dan tersangka kasus pemberondongan

Tersangka Kasus Pemberondongan ke Jaksa
Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin memegang senjata api jenis AK-56 yang disita di kawasan Aceh Timur karena diduga terlibat dalam kasus pemberondongan rumah warga Lhoksukon, Aceh Utara. Foto direkam, Senin (23/4).SERAMBI/JAFARUDDIN 

LHOKSUKON - Penyidik Polres Aceh Utara melimpahkan berkas dan tersangka kasus pemberondongan, Reza (22), warga Kecamatan Samudera, ke Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Selasa (4/9). Reza dan kawan-kawan diduga terlibat dalam pemberondongan rumah Ahmad Budiman (71) dengan menggunakan senjata api (senpi) jenis AK-56.

Pada 13 April 2018 Reza bersama Maksalmina (28) diduga memberondong rumah tersebut untuk meneror Ulul Azmi (30), menantu dari Ahmad Budiman, karena Ulul tidak membayar utang sabu pada KD (DPO/teman Maksalmina dan Reza) sebesar Rp 50 juta.

Diberitakan sebelumnya, Maksalmina ditangkap polisi di sebuah desa kawasan Kecamatan Samudera pada 19 Juli 2018 saat sedang mengisap sabu-sabu. Sedangkan Reza ditangkap di rumahnya dua jam kemudian setelah penangkapan Maksalmina. Reza berperan sebagai orang yang meminjam senpi pada Johansyah, warga Aceh Timur, yang sudah DPO. Sedangkan Maksalmina sebagai pemberondong.

“Keduanya diproses dalam berkas terpisah. Sebab, untuk tersangka Maksalmina selain diproses dalam kasus pemberondongan dan senjata api ilegal, juga diproses dalam kasus narkoba. Sehingga kemarin yang kita limpahkan Reza terlebih dahulu,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah kepada Serambi kemarin.

Disebutkan, berkas Reza dilimpahkan bersama proyektil dan selongsong peluru ke jaksa, setelah jaksa peneliti berkas menyatakan bahwa berkas tersebut sudah lengkap. “Petugas sampai sekarang juga masih terus memburu DPO kasus tersebut, yaitu Johansyah, pemilik senpi yang digunakan dua tersangka dan KD yang terlibat utang piutang dalam kasus sabu,” ujar Kasat Reskrim.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Aceh Utara, AKP Ildani Ilyas kepada Serambi kemarin menyebutkan, penyidik juga sudah melimpahkan berkas kasus sabu dengan tersangka Maksalmina ke jaksa. “Sudah kita limpahkan tadi (kemarin red) berkas tersangka Maksalmina ke jaksa. Selanjutnya kita menunggu jaksa meneliti berkas tersebut, jika sudah lengkap baru tersangkanya kita limpahkan,“ ujar AKP Ildani.

Sementara itu Kajari Aceh Utara Edi Winarto SH melalui Kasi Pidana Umum Fahmi Jalil SH kepada Serambi kemarin menyebutkan, pihaknya sudah menerima berkasnya dan tersangka Reza sudah dititipkan sementara di Rutan Lhoksukon. Karena sebelum tersangka dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Lhoksukon untuk disidangkan, pihaknya akan mempersiapkan materi dakwaan terlebih dahulu. “Selain tersangka, juga ada barang bukti yang dilimpahkan kemarin ke jaksa berupa proyektil,” pungkas Kasi Pidana Umum.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help