Tim Pemekaran Audiensi ke DPRK

Tim Persiapan Pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Pantonlabu beraudiensi ke DPRK Aceh Utara

Tim Pemekaran Audiensi ke DPRK
PANITIA Persiapan Pemekaran Aceh Malaka menggelar konferensi pers di Lhokseumawe, Selasa (8/8). 

* Minta Rekomendasi Pembentukan Kota Pantonlabu

LHOKSUKON -Tim Persiapan Pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Pantonlabu beraudiensi ke DPRK Aceh Utara untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dari lima kecamatan yang ingin pemekaran dari Aceh Utara, Senin (3/9). Masing-masing dari Kecamatan Tanah Jambo Aye, Langkahan, Seunuddon, Baktiya, dan Baktiya Barat.

“Pembentukan panitia persiapan pemekaran ini sudah kita lakukan dalam rapat dua hari, 26-27 Juli 2017 di Pantonlabu. Tujuan pemekaran enam kecamatan dari Aceh Utara menjadi Kota Pantonlabu tersebut untuk pemerataan pembangunan dan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujar Ketua CDOB Pantonlabu Hendra Nurdin kepada Serambi, Selasa (4/8).

Sebab, menurut masyarakat di kawasan itu, sudah selayaknya lima kabupaten di ujung timur memekarkan diri dari Aceh Utara supaya akses pelayanan kepada masyarakat lebih mudah. “Untuk saat ini jumlah penduduk di lima kecamatan itu mencapai 148.500 jiwa. Harusnya sudah ada rumah sakit di kawasan itu, minimal tipe c,” ujar Hendra.

Menurut Hendra Nurdin, Pemkab Aceh Utara sudah menyurati DPRK Aceh Utara untuk memberikan persetujuan pembentukan CDOB Kota Pantonlabu pada 19 Juli 2018 lalu. “Saat ini yang kami butuhkan tiga surat lagi untuk proses pemekaran tersebut, yaitu surat dari DPRK Aceh Utara, DPRA, dan Gubernur Aceh. Kami sudah menyurati pimpinan DPRA dan Gubenur Aceh untuk rekomendasi sebagai syarat untuk menyampaikan ke Kemendagri,” ujar Hendra.

Ditambahkan, pihaknya hadir ke DPRK Aceh Utara guna menyampaikan hal tersebut dan berharap dukungan dari dewan. Mereka yang hadir adalah keuchik, tokoh masyarakat, mukim, perwakilan pemuda, dan mahasiswa.

Abdul Rafar, warga Tanah Jambo Aye kepada Serambi juga menyebutkan, dirinya sudah pernah menyampaikan hal itu pada Bupati Aceh Utara dalam pertemuan sebelumnya. “Bupati sendiri saat itu mengakui bahwa sudah seharusnya kawasan itu menjadi DOB baru. Namun, kita berharap kepada panitia tidak dimanfaatkan untuk kepentingan 2019 saja, karena semua masyarakat sangat mendukung pemekaran ini,” katanya.

Untuk diketahui, Aceh Utara memiliki 27 kecamatan dengan jumlah desa 852. Sebelumnya warga dari enam kecamatan di ujung barat Aceh Utara yang terdiri atas Sawang, Nisam, Nisam Antara, Muara Batu, Dewantara, dan Banda Baro juga meminta pemekaran dengan nama Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), Aceh Malaka. Selanjutnya, warga dari bagian tengah Aceh Utara enam kecamatan yang terdiri atas Kuta Makmur, Simpang Keuramat, Geureudong Pase, Syamtalira Bayu, Meurah Mulia dan Samudera, juga sudah membentuk tim CDOB, yaitu Aceh Pase. Jika ditambah dengan Pantonlabu, maka hingga saat ini ada wacana pembentukan tiga CDOB di Aceh Utara. (jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved